Yaki Gyoza (Jepang)

yaki gyoza

Makananluarnegri.web.id – Saat ini ada hidangan pembuka dari Jepang yang sukses, yaitu Gyoza. Makanan ini sangat di gemari oleh orang tua maupun anak remaja.

Di negara lain seperti China makanan ini bernama Jiaozi, di Korea Selatan bernama Mandu. Gyoza terlihat seperti dimsum, tetapi jika dimsum biasanya dikukus, gyoza dimasak dengan memasaknya dalam panci, lalu menuangkan air dan menutup sampai benar-benar matang.
Termasuk masakan Cina ala Jepang, karena umumnya di Cina metode memasaknya direbus sebagai sup pangsit.

Sebelum saya memberikan resep dan cara membuat gyoza ala Jepang, saya akan memberikan secuil penjelasan mengenai Gyoza ayam ini. Gyoza adalah masakan Cina yang juga terkenal di Jepang. Meskipun ada banyak perbedaan antara gyoza Jepang dan gyoza Cina. Menurut sumber umumnya gyoza Jepang paling enak di santap bersama nasi putih sebagai makanan sehari-hari. Gyoza ala Jepang ini biasanya menggunakan kulit pangsit tipis yang digoreng bagian bawahnya agar hasilnya renyah dan gurih.

Yang kemudian di tambahkan sedikit bawang putih dalam pangsit tersebut yang tidak ditambahkan pada pangsit China. Menurut saya makanan gyoza ini mirip sekali dengan Hakau. Apa itu Hakau? Hakau adalah salah satu makanan yang masih sejenis Gyoza yang sering disajikan dalam porsi kecil. Jika di Indonesia makanan seperti ini disebut Dimsum kukus seperti pangsit kuah dan siomay ikan tenggiri.

Ternyata cara membuatnya gampang banget, kalian bisa bikin sendiri di rumah sebelum membuat pastikan semua bahan betul-betul lengkap di karenakan Gyoza ini rasanya sangat unik jadi pastikan semua bahan telah lengkap tidak kekurangan satu pun baru anda racik seluruh bahan yang ada di bawah ini dan dipastikan memasak dengan panduan yang terterah di bawah.

Berikut resep dan cara memasak :

Baca juga : Kofte (TURKI)

Bahan:

1. 100 gr daging ayam giling
2. Daun bawang
3. Bawang putih
4. Saus tiram satu sendok
5. Minyak wijen
6. Kulit pangsit atau Gyoza
Cara membuat:

1. Campung daging ayam, daun bawang potong dan bawang putih parut.
2. Aduk bersama minyak wijen dan saus tiram.
3. Bungkus adonan dengan kulit gyoza.
4. Masukan pada pan dan goreng sebentar dengan api keciul agar bagian bawah berwarna emas
5. Kemudian tambahkan air setengah gyoza.
6. Angkat setelah airnya hilang.

 

Related posts