5-Rekomendasi-Makanan-Jepang-Yang-Sangatr-Maknyus-Di-Santap

5 Rekomendasi Makanan Jepang Yang Sangatr Maknyus Di Santap

makananluarnegri – Apakah Anda pernah kepikiran tentang makanan ketika sedang berlibur di Jepang? Jika memang iya, makanan apa yang akan kalian pilih nantinya ketika sedang berliburan ke Jepang? Nah, kalau kalian uda sampai sana, kami hanya mengingati saja bahwa ada beberapa makanan di Jepang yang sayang untuk di lewatkan.

Makanan Jepang memang tidak ada duanya, banyak sekali orang Indonesia yang datang ke Jepang hanya untuk mencicipi lezatnya makanan Jepang dan rasa khas yang ada pada makanan negara Sakura ini.

Alasannya ya tentu karena dengan adanya aneka makanan di Jepang yang mempunyai kekhasan khusus terkait cara memasak dan penyajian makanan tersebut dengan rasa yang lezat serta juga enak di lidah.

Bila dibandingkan dengan negara lain, rasa dari makanan Jepang memang berbeda dari makanan negara lain karena makanan Jepang memiliki tekstur yang lebih lembut, rasa yang lebih original. Banyak sekali jenis makanan khas asal Jepang yang sudah dikenal luas oleh para pecinta kuliner dunia termasuk Indonesia.

Berikut ada 5 Makanan Jepang Yang Wajib Kamu Coba, seperti apa saja itu? Silahkan cek di bawah ini.

1. Sushi

Kalo makanan Jepang yang satu ini pasti sudah tahu nih, mungkin malah menjadi makanan Jepang paling favorit bagi sebagian orang Indonesia! Selain di Indonesia, negara Jepang yang merupakan asal dari makanan ini pun banyak sekali orang Jepang yang menyukainya! Sushi ini adalah sebuah makanan yang cara penyajiannya khas makanan Jepang yang rapi, terdiri dari nasi yang diberi cairan cuka khusus dan dipadukan dengan bahan makanan lainnya seperti seafood, sayuran, daging dan buah-buahan.

2. Sashimi

sashimi

Selanjutnya ada makanan Jepang paling kental budayanya dan mencerminkan orang Jepang, Sashimi! Sashimi ini adalah makanan Jepang yang mungkin paling segar dan mentah, isinya adalah potongan-potongan daging ikan dan telur ikan yang masih mentah dan biasanya disantap oleh Orang Jepang dengan kuah Soyu. Orang Indonesia ternyata ada juga yang suka dan akhirnya banyak restoran di Indonesia yang menawarkan menu Sashimi.

Baca Juga :8 Rekomendasi Makanan Khas Filipina Yang Unik Dan Lezat

3. Soba

Soba

Doyan dengan mie? Di Jepang, banyak sekali variannya! Orang Jepang biasanya makan mie dengan bahan yang sangat natural seperti Soba ini. Arti kata Soba sendiri adalah gandum hitam. Makanan Jepang yang satu ini disajikan bersama dengan kuah khusus Soba dan juga tempura yang tentunya memaksimalkan pengalaman makan makanan Jepang seperti orang Jepang asli!

 

4. Takoyaki

takoyaki

Makananan Jepang tidak harus yang berat-berat kok! Ini dia Takoyaki, snack yang paling enak berasal dari kota Osaka Jepang di daerah prefektur Kansai. Rasanya yang selalu lezat saat disantap di malam hari karena selalu disajikan begitu selesai masak. Pasti mengundang selera para traveller dunia, termasuk orang Indonesia di negara Jepang!

Takoyaki ini adalah makanan Jepang ringan atau snack Jepang yang berbentuk bola yang dibuat dari tepung terigu gandum dan dipanggang di atas cetakan panggangan. Biasanya makanan Jepang yang satu ini berisi potongan gurita, tempura, acar jahe dan daun bawang.

5. Kakigori

takoyaki

Di negara Jepang, ada 4 musim dalam satu tahun. Salah satunya adalah musim panas dan minuman ini sangat cocok banget dikonsumsi saat musim panas. Nah, Kakigori adalah es krim serut yang dilumuri dengan sirup manis atau seringkali dengan susu kental manis yang lezat. Tentu saja es serut ini membuat minuman Jepang yang satu ini diminati oleh banyak orang Indonesia terutama anak muda yang ingin sekali mencoba dessert yang berbeda.

 

6 Makanan Khas Musim Panas Jepang

makananluarnegri – Berikut merupakan artikel mengenai 6 makanan khas musim panas Jepang. Mari simak artikel berikut.

Di negara empat musim, ada makanan-makanan tertentu yang hanya disajikan di musim tertentu. Saat musim panas misalnya, makanan yang dingin dan ringan lebih disukai karena tidak bikin keringetan.

Begitu pun di Jepang, ada beberapa hidangan yang biasanya hanya muncul di musim panas. Karena Iklim Indonesia juga panas, pasti cocok dengan hidangan musim panas. Ini dia makanan-makanan khas musim panas Jepang yang wajib kamu cicipi

 1. Kakigori

Kakigori

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam bahasa Indonesia, kakigori adalah es serut. Sama seperti di sini, es serut memang nomor satu saat cuaca sedang panas-panasnya. Apalagi jika ditambah dengan aneka buah dan sirup. Tidak heran kakigori sangat populer saat musim panas di Jepang.

2. Jumbo parfait

jumbo-parfait

 

 

 

 

 

 

 

Selain kakigori, parfait juga sangat populer di Jepang saat musim panas. Parfait biasanya berupa es krim, whipped cream dan buah bersama makanan manis lain yang dihidangkan dalam gelas atau mangkuk beling tembus pandang. Tapi bukan Jepang namanya kalau biasa-biasa saja. Saat musim panas, kafe-kafe berlomba-lomba menyajikan parfait dalam ukuran jumbo.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Malaysia yang Sering Muncul di Serial Upin-Ipin

3. Tanuki udon dingin

tanuki-udon-dingin

 

 

 

 

 

 

 

Kurang lengkap rasanya membahas kuliner negeri sakura tanpa menyebutkan mie-nya. Tanuki udon adalah mie udon yang disajikan dengan topping timun, tomat, tenkatsu, wakame, rumput laut dan sayuran segar bersama dengan tsuyu atau saus celup. Mie-nya dalam keadaan dingin lho.

4. Somen

somen

 

 

 

 

 

 

 

Mirip dengan tanuki udon, somen adalah mi berbahan dasar terigu namun dengan helaian yang lebih kecil. Khasnya, somen memiliki ukuran sekitar 1 mm. Kecil banget kan? Somen juga disajikan dingin bersama dengan tsuyu.

5. Hiyashi chuka

hiyashi-chuka

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika Korea punya naengmyon untuk sajian mi kuah dinginnya, maka Jepang juga punya Hiyashi chuka. Hiyashi chuka adalah mi ramen dengan topping sayuran dan disiram dengan kuah dingin. Untuk makan siang, rasa hiyashi chuka yang ringan dan segar tidak membuat perut kekenyangan deh.

6. Takoyaki

Takoyaki

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siapa sih yang tidak mengenal Takoyaki? Street food paling populer di Jepang ini sudah lama menginvasi dunia perjalanan Indonesia. Sudah tidak diragukan lagi betapa nikmatnya takoyaki di bumi Indonesia yang panas ini bukan?

 

Kamu sudah mencicipi yang mana aja nih?

Kuliner Ekstrim Jepang

Kuliner Ekstrim Jepang

makananluarnegri.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Makanan Ngeri-Ngeri sedap khas Jepang. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Makanan Ngeri khas Jepang 
1. Natto.

Natto adalah makanan yang terbuat dari biji kedelai yang difermentasikan dengan bakteri Bacillus subtilis. Meski bentuknya aneh, menu ini biasanya dimakan untuk sarapan. Sebagai sumber protein dan probiotika yang kaya, natto dan miso dulunya merupakan makanan sumber gizi utama pada zaman feodal di Jepang

2. Shirako.
Sepintas makanan yang satu ini bentuknya seperti usus sapi, tapi ternyata ini adalah Shirako, yang merupakan alat kelamin laki-laki ikan dan sebuah kantung yang berisikan sperma. Shirako menjadi hidangan populer di pub-pub yang ada di Jepang dan sushi bar. Ngeri juga yah orang Jepang

3. Basashi.
Kamu tentunya sudah pernah dengar makanan khas Jepang yang namanya sashimi. Nah, sashimi yang terbuat dari daging kuda disebut dengan Basashi. Makanan tradisional ini berasal dari Prefektur Kumamoto.

Menurut legenda, makanan ini pertama kali dikonsumsi oleh Kiyomasa Kato, panglima perang pada era perang provinsi karena kaya akan kandungan nutrisi dan juga baik untuk kesehatan. Sejak saat itu, basashi menjadi makanan yang populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

4. Zazamushi.
Zazamushi adalah makanan khas dari Jepang yang terbuat dari serangga air dan bumbu khusus yang nikmat.

5. Hachinoko.
Konon almarhum Kaisar Hirohito gemar menikmati hachinoko yang dimakan dengan nasi dan dibumbui bersama kecap dan gula.

Baca Juga : Masakan Khas Norwegia

6. Fugu.
Fugu adalah ikan yang banyak hidup perairan Jepang. Ikan ini sering disebut sebagai ikan buntal dikarenakan kemampuannya menggembungkan badan ketika ada bahaya. Di balik kenikmatan rasa dagingnya, ikan fugu menyimpan banyak racun yang mematikan di hatinya.

Fugu disajikan sebagai sashimi dan chirinabe. Bagian yang paling enak pada Fugu adalah hati namun juga merupakan yang paling beracun, dan penyajian organ ini di Jepang telah dilarang pada 1984. Fugu telah menjadi salah satu hidangan paling terkenal dan menantang dalam masakan Jepang.

7. Shirouo no Odorigui.
Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari ikan Shirouo, ikan yang sangat kecil dan transparan, yang dimakan hidup-hidup. Konon ketika memakan makanan ini, ikan Shirouo seolah menari-nari (odorigui) di dalam mulut, lho.

8. Shiokara.
Shiokara adalah makanan khas Jepang berupa hasil fermentasi hewan laut di dalam larutan garam yang pekat. Adonan terfermentasi ini mengandung 10% garam, 30% kecambah beras, dibungkus dalam kemasan kedap udara, lalu difermentasikan selama lebih kurang satu bulan.

Shiokara memiliki rasa dan bau yang sangat tajam dan khas. Bahkan hanya sebagian orang Jepang yang bisa menikmati makanan ini, sehingga dikenal sebagai salah satu chinmi, bercita rasa langka.

9. Inago no Tsukudani.
Makanan yang satu ini adalah salah satu masakan tradisional Jepang yang populer di masyarakat pedesaan daerah Yamagata, Nagano, dan Gunma. ‘Inago’ yang berarti belalang direbus dengan ‘tsukudani’, yaitu kecap manis dan ditambah bumbu-bumbu khusus ala Jepang. Makanan ini lebih nikmat jika dimakan selagi panas.

10. Kujira & Iruka.
Di Jepang, ikan paus ‘kujira’ masih dikonsumsi sebagai makanan dalam hidangan berupa sashimi. Bahkan lumba-lumba ‘iruka’ juga masih dikonsumsi serta dijual di supermarket.