Sushi

sushi

Apa itu Sushi

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Hingga saat ini, sushi yang merupakan makanan khas Jepang yang menjadi populer dan dengan dapat mudah dinikmati si seluruh dunia di Sushi Bar atau Restoran Jepang.

Sejarah Makanan Sushi

Sushi sebenarnya sudah dikenal sejak periode Edo, dan dikenal dengan nama oshizushi. Tetapi di akhir zaman Edo, nama sushi berubah kembali menjadi nigirizushi . Hanya saja ukurannya lebih kecil agar mudah untuk dinikmati. Pada tahun 1970-an sushi masih menjadi makanan mewah, sedangkan bagi rakyat biasa mereka hanya dapat menikmati saat acara khusus. Meskipun sudah lama sekali dikenal oleh rakyat Jepang, tapi warung sushi yang pertama baru didirikan di Osaka pada tahun 1958. Sejak saat itu sampai sekarang, sushi selalu punya tempat tersendiri di kalangan para penikmat masakan Jepang.

 

Jenis Sushi yang Terkenal

 

Norimaki – Sushi Rumput Laut

Norimaki

Norimaki adalah Sushi gulung yang terbuat dari nasi cuka yang diletakan di atas rumput laut, lalu diatasnya diberi labu kering serut atau timun lalu digulung menggunakan Makisu (Alat penggulung sushi dari bambu). Ada beraneka macam Norimaki berdasarkan ketebalannya, seperti Hosomaki [Tipis], Chumaki [Sedang], dan Futomaki [Tebal].

 

Oinarisan – Sushi Kulit Tahu

Oinarisan

Sushi Inari adalah jenis Sushi dimana nasi dimasukan kedalam kantung tahu goreng yang rasanya manis pedas. Sushi ini juga biasa dikenal sebagai Oinarisan atau Oinari atau Inari.

 

Kaisen Chirashi Sushi

Kaisen Chirashi Sushi

Kaisen Chirashi Sushi adalah nasi sushi yang dicampur dan dihias dengan beraneka macam bahan makanan, utamanya adalah lauk utama untuk membuat sushi (Ikan, Sashimi, dll).

 

Oshizushi – Sushi Tekan

Oshizushi

Nasi ditumpuk dengan Lauk, selama beberapa waktu, ditekan menjadi sushi. Ada banyak macam Oshi Zushi contohnya, Sushi Makarel yang paling umum, Battera Sushi dari Osaka atau Bozushi dari Kyoto.

 

Baca juga makanan luar negeri lainnya : 5 Jenis Tacos Terkenal di Dunia

Related posts