Sashimi Makanan Khas Jepang

Sashimi Makanan Khas Jepang

Makananluarnegri.web.id – Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas dari Jepang yang satu ini? Bahkan sampai saat ini di Indonesia sudah banyak restoran yang menjual Sashimi. Sashimi adalah makanan mentah yang paling terkenal di Jepang. Makanan laut adalah yang paling sering di jadikan sashimi contohnya seperti daging sapi, kuda dan rusa. Selain makanan laut, ada juga makanan seperti kulit tahu yuba dan konnyaku juga dapat disajikan sebagai Sashimi.

Sebagian besar jenis Sashimi diberi bumbu kecap dengan mencelupkan masing-masing potongan ke dalam piring kecil yang berisi kecap. Selain diberi kecap, kadang ada yang diberi sedikit wasabi atau jahe yang ditambahkan ke potongan sashimi. Beberapa orang juga seringkali menambahkan daikon dan bawang.

Sashimi memiliki beberapa jenis. Berikut jenis sashimi yang popular di Jepang :

1. Maguro (Tuna)

Hampir setiap restoran yang menjual sashimi rata-rata menggunakan Maguro atau Ikan Tuna. Ikan tuna yang segar akan membuat kenyang perut. Selain itu juga, warnanya terlihat sangat segar berwarna merah muda. Namun, harga yang dipatok lumayan mahal.

2. Sake (Salmon)

Sake atau Salmon adalah ikan kedua yang popular disuguhkan menjadi sashimi setelah ikan tuna. Dagingnya yang berwarna oranye yang menggoda, lembut, berlemak dan lezat menambah kenikmatan sashimi.

Baca Juga : Tempura Makanan Khas Jepang

3. Sea Bream

Sea Bream dengan rasa ringan dan halus, dianggap sebagai salah satu ikan yang terenak di Jepang. Biasanya menggunakan ikan ini hanya pada saat acara perayaan tertentu. Seperti pesta pernikahan, tahun baru, dan masih banyak lagi.

4. Katsuo (Skipjack Tuna)

Katsuo adalah salah satu ikan terpenting dalam masakan Jepang. Katsuo dapat dijadikan sebagai sashimi atau sering juga disebut Katsuo no Tataki, dimana bagian pinggang katsuo disayat disekitar tepinya, diiris dan disajikan dengan saus beserta jeruk nipis beserta hiasan bawang putih atau jahe parut.

5. Kanpachi (Amberjack)

Kanpachi terlihat sangat mirip dengan Buri hanya saja warnanya lebih ringan, bahkan lebih tembus pandang. Ikan yang kurus dan ringan adalah yang terbaik di awal musim panas.

6. Buri / Hamachi

Buri kurang lebih hampir sama dengan kanpachi. Buripun memiliki kulit putih tembus pandang yang memiliki kandungan lemak tinggi sehingga menghasilkan rasa mentega yang nikmat. Buri dianggap sashimi terbaik pada saat musim dingin.

7. Ika (Squid)

Ika adalah salah satu jenis makanan laut yang paling umum disajikan sebagai sashimi. Hewan ini sesuai dengan namanya yaitu cumi-cumi memiliki daging putih cerah, ika memiliki tekstur yang kuat. Ika biasanya dipotong menjadi potongan tipis yang menyerupai mie.

Related posts