Roti Canai (India)

roti canai india

Makananluarnegri.web.id – Halo semua, jika Anda pecinta kue, Anda mungkin tahu roti khas Timur Tengah atau roti India, Roti ini sangat populer di semua negara.

Termasuk Indonesia salah satunya, Sejarah roti gulung atau canai berasal dari nama Bandar Chennai di India, kue ini datar dan bulat. Untuk Indonesia, roti canai ditemukan di daerah Aceh, karena daerah Aceh dekat dengan India atau Malaysia. Roti gulung dengan bentuk pipih dan cara membuat roti panggang, rasanya yang enak sangat dinikmati oleh banyak kalangan dari peria mau pun wanita bahan dari anak kecil maupun orang tua.

Apakah sobat sudah pernah membuat roti canai ini? atau sobat belum tahu cara membuat roti canai ini? tenang disini saya akan membagikan beberapa cara membuat roti canai atau yang sering disebut dengan roti maryam yang sering di sebut di Indonesia. Roti canai ini banyak rasa varian yitu, ada rasa keju, coklat, susu, daging, dan masih banyak yang lainnya.

Roti canai ini memiliki kandungan nilai gizi yang baik :

  1. kalori 2424 kkal
  2. lemak 5,9 g
  3. Protein 5,7 g
  4. Karbohidrat 40,7 g
  5. Sodium 267 mg
  6. Manfaat Roti Canai

1.Melancarkan Saluran Pencernaan

Walaupun terbuat dari tepung, roti canai mengandung serat sangat tinggi. Tingginya serat dalam roti ini mampu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Walaupun bisa melancarkan saluran pencernaan, roti ini cukup bermasalah bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan.

2.Menunda Lapar

Kandungan serat yang sangat tinggi dalam roti ini tidak hanya membantu melancarkan sistem pencernaan namun juga menunda rasa lapar selama beberapa jam mengingat roti ini memiliki kandungan gizi cukup tinggi yang bisa membuat perut Sobat

3.Membantu Usus Besar

Manfaat kesehatan lainnya dari roti canai ialah membatu usus besar. Usus besar merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungsi sebagai lokasi persinggahan akhir makanan sebelum sisa-sisa makanan dibuang dari tubuh. Nah, kandungan karbohidrat yang tinggi dan kompleks dalam roti maryam membantu pengeluaran sisa-sisa makanan dalam usus besar.

4.Rendah Lemak

Walaupun tinggi karbohidrat, roti canai tidak membuat perut gemuk. Ini dikarenakan kandungan lemak yang minim dalam roti maryam dibandingkan nasi sehingga roti ini cocok dijadikan sebagai makanan diet.

5.Mengendalikan Gula Darah

Tidak seperti makanan karbohidrat pada umumnya yang dapat memengaruhi peningkatan kadar gula darah. Roti canai ternyata sama sekali tidak menaikkan gula darah bahkan sebaliknya roti ini justru bisa mengendalikan gula darah.

Roti canai sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat roti canai bagi kesehatan ini tentunya tidak lepas dari komposisi bahan baku pembuat roti maryam. Mungkin anda ingin tahu komposisi bahan bahan untuk membuat roti canai . Bahan utama untuk membuat rotmar atau roti canai adalah:

  • Tepung terigu
  • Telur
  • Susu
  • Margarine
  • Minyak goring
  • Garam

Ok, pasti sobat tidak sabar ya bagaimana cara membuat roti canai yang begitu enak, lembut, dan bergizi buat tumbuh kita, sebelum itu sobat jangan lupa persiapkan alat untuk masak dan bahanya :

Baca juga : Bahn Xeo (Vietnam)

1. Resep Cara Membuat Roti Canai Sederhana

Bahan:
  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • Telur 2 butir
  • margarin cair 100 gram
  • susu cair hangat 200 ml
  • 6 sdm minyak goreng (untuk rendaman)
  • garam sedikit saja
  • margarin untuk olesan secukupnya

Cara Membuat Roti Canai Sederhana

  1. Campur susu hangat, margarin cair, dan telur yang sudah dikocok, aduk rata.
  2. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan uleni sampai kalis.
  3. Ambil adonan kira-kira 30 gram bulatkan dan tata di dalam wadah yang sudah diberi minyak goreng.
  4. Diamkan kurang lebih 1 jam dan tutup dengan kain basah.
  5. Pipihkan adonan hingga tipis dan gulung memanjang.
  6. Gulung roti hingga membentuk huruf S dan tumpuk jadi satu dan pipihkan.
  7. Masak di atas teflon sambil diolesi margarin.
  8. Balik roti dan masak sampai sisi satunya matang.
  9. Angkat dan sajikan.

Related posts