Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Polandia

Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Polandia

Makananluarnegri.web.id – Saat liburan ke luar negeri, berburu kuliner khas tempat tujuan tentu menjadi hal yang wajib masuk dalam daftar incaran. Apalagi, setiap negara pasti memiliki masakan dengan cita rasa dan keunikannya masing-masing yang seringkali belum pernah kita jumpai sebelumnya. Masalahnya, masakan yang terasa asing seringkali juga terasa tidak cocok dengan lidah kita.

Tapi bila berbicara mengenai masakan khas negara Polandia, perbedaan jenis makanan sepertinya tak akan terlalu terasa deh. Karena rupanya, negara tersebut memiliki beberapa jenis masakan yang jika dilihat-lihat cukup mirip dengan masakan yang biasa kita temukan di Asia lho! Apa saja? Yuk, simak informasi mengenai rekomendasi wisata kuliner khas polandia :

1. Pierogi
Pierogi adalah pangsit khas Polandia yang proses pembuatannya tak jauh beda dengan pangsit di kawasan Asia. Dengan berbahan adonan tepung yang digiling tipis, pierogi kemudian diisi dengan isian yang cukup variatif di antaranya daging, sauerkraut (kubis fermentasi), hingga keju dan jamur. Terdapat pula versi manis dari dumpling satu ini yakni dengan menjadikan buah-buahan seperti strawberry dan blueberry sebagai isian.

Meski merupakan makanan klasik Polandia, tetapi pierogi memiliki popularitas yang cukup tinggi di berbagai negara lainnya di Eropa. Sementara saat natal di Polandia, makanan ini adalah santapan yang selalu dapat ditemukan dalam menu hidangan.

2. Gołąbki
Ada juga Gołąbki atau kubis gulung yang pasti langsung mengingatkan kita dengan siomay kubis. Makanan sayur ini adalah menu favorit banyak masyarakat Polandia lho. Isian di dalamnya merupakan bahan yang telah di tumis menjadi satu yakni daging giling, bawang bombay cincang, jamur dan nasi. Sementara dalam penyajiannya, krim saus tomat biasanya menjadi andalan untuk menambah kelezatan masakan satu ini.

3. Kotlet schabowy
Sementara kotlet schabowy pasti bikin teringat langsung dengan kuliner Jepang chicken katsu ataupun chicken crispy fillet saat pertama kali melihatnya, ya gak? Eits, tapi bukan ayam yang menjadikan kotlet schabowy sebagai hidangan khas di polandia, melainkan daging babi.

Proses pembuatannya sebenarnya tak jauh beda sih dengan chicken katsu. Yakni daging babi tenderloin dilapisi oleh remah tepung roti sebelum akhirnya digoreng hingga berwarna coklat keemasan. Oh ya, makanan satu ini tidak hanya menjadi yang terfavorit, tetapi juga dikenal sebagai salah satu kuliner tertua di negara tersebut lho!

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Khas Spanyol Yang Nikmat

4. Pączki
Di manapun negaranya, sepertinya donat akan selalu menjadi salah satu makanan manis yang paling mudah ditemui dan diidolakan. Termasuk halnya juga di Polandia. Di negara tersebut, terdapat donat khas yang lebih familiar dengan sebutan paczki.

Sebenarnya tidak ada perbedaan besar dengan donat pada umumnya, kecuali bahwa paczki selalu memiliki isian di dalamnya mulai keju, coklat, hingga berbagai jenis selai.

5. Placki ziemniaczane
Terakhir, ada pancake khas Polandia yang tentu akan cocok bagi lidah kita, mengingat pancake adalah salah satu makanan yang populer di berbagai belahan dunia.

Yang menjadikan pancake bernama Placki ziemniaczane ini cukup khas di negara tersebut adalah bahannya yang tidak hanya berupa tepung dan telur, tetapi juga ditambah dengan kentang, bawang, dan berbagai jenis sayur-sayuran. Sementara untuk sausnya, sour cream ataupun juga gula halus kerap menjadi pelengkap yang memberikan cita rasa lebih nikmat pada santapan yang paling pas dimakan saat hangat ini.

Related posts