Pizza

Pizza

Apa itu Pizza

Pizza adalah sejenis rotibundar, pipih yang dipanggang di ovendan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Keju yang dipakai biasanya mozzarella atau “keju pizza”. Jenis bahan lain juga dapat ditaruh di atas pizza, biasanya daging dan saus, seperti salami dan pepperoni, ham, bacon, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, dan juga bawang bombay, jamur dan lain lain.

Sejarah Pizza

Pizza awalnya adalah makanan orang miskin. Sekitar abad 18 di Italia tepatnya di daerah Naples, jenis roti bundar ini dikenal dengan nama pizza yang dalam bahasa Italia berarti pie atau kue. Pizza tanpa toping ini banyak dijual di jalan-jalan pasar dan identik dengan makanan rakyat terutama di daerah Naples yang terkenal sebagai daerah miskin. Pada tahun 1738, restoran pizza pertama di dunia dibuka di daerah Naples, Italia dengan nama Antica Pizzeria. Hingga sekarang, kota ini terkenal dengan sebutan ibukotanya pizza.

Ratu Margherita Savoia, istri Kaisar Italia Umberto I melihat banyak sekali petani yang sedang membeli pizza, sehingga dia pun tertarik mencobanya. Ternyata, Ratu Margherita sangat menyukai roti ini hingga setiap memiliki kesempatan keluar istana, beliau selalu membeli kue yang identik dengan rakyat miskin ini. Karena kesukaannya terhadap pizza, ratu sampai-sampai memanggil koki khusus yang didatangkan langsung dari Naples untuk membuatkan pizza istimewa di istana. Pizza istimewa tersebut sangat disukai ratu, dan menjadi makanan favorit yang sering disajikan untuk tamu-tamu kerajaan. Seiring berjalannya waktu, pizza semakin populer hingga ke Amerika karena dibawa oleh imigran asal Napoli yang menetap di New York.

 

Pizza Terlezat di Dunia

Saat ini, pizza sudah tidak lagi identik dengan kuliner Italia. Pizza juga tidak lagi sekadar adonan dough yang diberi topping keju, saus tomat, dan irisan pepperoni. Kini, pizza telah berakulturasi ke banyak kultur sehingga menjadikan ragam pizza berbeda-beda di berbagai belahan dunia.

 

Pizza Berlusconi dari Finlandia

Pizza Berlusconi

Entah namanya berkaitan atau tidak dengan sosok mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, yang pasti jenis pizza ini begitu populer di negara asal ponsel legendaris Nokia. Topping pizza ini sebenarnya serupa dengan pizza pada umumnya, yakni saus tomat, keju, jamur chanterelle, dan irisan bawang merah besar. Hal yang membuatnya unik adalah adanya campuran irisan dendeng rusa kutub yang bercita rasa khas, manis berasap.

 

Flammkuchen dari Jerman

flammkuchen

Sekilas serupa dengan tarte flameé karena sama-sama menggunakan crème fraîche. Namun, versi Jerman menggunakan tambahan bacon asap dan fromage blanc atau quark yang memiliki tekstur dan cita rasa seperti yogurt.

 

Zapekanka dari Polandia

Pizza Zapiekanka

Merupakan jajanan kaki lima yang sangat populer di Polandia, berbentuk akulturasi antara pizza dan sandwich. Sebenarnya zapiekanka terbuat dari roti baguette yang dibuka bagian tengahnya dan ditaburi dengan topping berupa keju, mustard, irisan bawang bombay, dan irisan jamur. Setelah dipanggang, zapiekanka biaa disantap dengan saus tomat.

 

Tarte Flambee dari Perancis

Tarte Flambee

Istilah tarte flambeé memiliki makna serupa dengan pizza, yakni adonan panggang bertekstur tipis yang ditaburi dengan topping crème fraîche (krim asam khas Prancis), irisan bawang bombay, dan lardons yang berupa irisan atau potongan dadu lemak babi dengan cita rasa serupa bacon.

 

Manakish dari Libanon

Manarkish

Kudapan sejenis flat bread ini memiliki komposisi yang sederhana namun bercita rasa unik dan mengenyangkan. Biasanya adonan manakish telah dibumbu terlebih dahulu dengan bumbu pedas dan kemudian ditaburi berupa tetesan minyak zaitun dan bubuk rempah.

 

Okonomiyaki dari Jepang

Okonomiyaki

Kita tentu sudah cukup akrab dengan sajian khas Jepang yang memadukan ragam ciri khas pancake dan pizza ini. Di Jepang sendiri, varian topping okonomiyaki bisa berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Namun, secara garis besar, topping okonomiyaki terdiri dari irisan kol, daging sapi/babi cincang, bonito flakes (irisan tipis ikan bonito asap), telur, dan saus okonomiyaki.

 

Baca juga makanan luar negeri lainnya : Jenis Macaroni dari Berbagai Dunia

Related posts