Pasta

pasta

Apa itu Pasta

Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.

 

Asal Usul Makanan Luar Negeri Pasta

Pasta menjadi makanan andalan orang Italia sejak Abad Pertengahan hingga sekarang. Sejak saat itu, orang di seluruh dunia menganggap pasta adalah makanan yang berasal dari Italia. Berbagai tulisan soal asal-usul pasta erat berkaitan dengan Marco Polo, penjelajah Venesia. Sebenarnya pasta masuk ke Italia dari Tiongkok berkat Marco Polo.

Pada tahun 1929, Marco Polo bersama kru kapal yang sedang melakukan penjelajahan lebih dari 20 tahun ke Timur (Asia). Marco Polo dengan seorang gadis Tiongkok yang cantik. Sang gadis sedang membuat mi. Ia menawarkan beberapa mi kepada sang pelaut. Rupanya pelaut itu merasakan mi sangat lezat. Kemudian ia bertanya, apakah ia bisa membawa beberapa mi kembali ke kapal agar bisa menunjukkannya pada Marco Polo. Marco Polo menamai hidangan baru ini spageti. “Spageti” adalah varian dari bahasa Italia yang berarti ‘mi kering yang tipis’.

 

5 Pasta Paling Enak di Dunia

 

Linguine

Linguine

Bentuk pasta ini mirip spaghetti, tapi lebih lebar dan bentuknya lebih elips (melengkung). Linguine adalah pasta yang lezat.

 

Conchiglie

Conchiglie

Pasta yang berbentuk kerang terlihat menarik. Anda bisa mencampur saus pasta dengan baik. Ketika dimakan, saus pasta yang meresap seakan tidak hilang rasanya. Anda juga bisa kombinasikan pasta ini dengan pasta salad.

 

Fusilli

Fusilli

Para penggemar fusilli menyukai pasta ini karena mudah makan daripada tagliatelle. Tekstur pasta juga sangat baik karena Anda tidak akan kehilangan rasa saus saat pasta dimakan.

 

Pappardelle

Pappardelle

Bentuk pasta yang panjang termasuk jenis pasta populer. Saus pasta yang dicampur pada pasta ini nikmat dimakan.

 

Tagliatelle

Tagliatelle

Ini salah satu jenis pasta yang paling enak, terutama dibuat dalam bentuk pasta carbonara. Pasta tagliatelle layaknya mi udon khas Italia.

 

Baca juga makanan luar negeri lainnya : 5 Tom Yum yang Terkenal di Daerah Asalnya Thailand

Related posts