Pad Thai

PAD THAI

Apa itu Pad Thai

Pad Thai adalah masakan sejenis mie goreng yang berisikan udang,toge,tahu,dan campuran telur.dengan dibumbui minyak ikan,gula aren,sedikit cabai.disajikan dengan jeruk nipis dan sedikit kacang tanah.Dahulu, Pad Thai lebih sering hadir sebagai makanan kaki lima dan disajikan di atas daun pisang dan koran.

Sejarah Pad Thai

Menurut catatan sejarah, Pad Thai atau Kway Teow Pad Thai sebenarnya bukan sajian asli Thailand. Mie sebagai bahan utamanya bukanlah makanan yang berasal dari negeri gajah putih ini, namun pengaruh dari Tiongkok.

Kabarnya, sebelum tahun 1940-an, Pad Thai belum terkenal seperti sekarang. Menjadi populer ketika seorang Plaek Pibulsongkram yang diketahui sebagai diktator Thailand dari tahun 1938 – 1944 dan 1948 – 1957 memutuskan bahwa Thailand membutuhkan mie untuk memajukan industri dan ekonomi.

Setelah mengganti nama Siam menjadi Thailand, ia juga mengganti kebiasaan orang Thailand memakai tangan untuk makan dengan menggunakan sendok dan garpu. Selain itu, ia memperkenalkan Pad Thai, menu buatan rumahnya untuk dinikmati masyarakat Thailand. Mengonsumsi Pad Thai pada zaman itu adalah suatu tindakan patriotik. Hebatnya tetap dipertahankan masyarakat Thailand hingga sekarang.

Baca juga:

 

Pemilihan mie dalam Pad Thai karena banyaknya keturunan Tiongkok yang ada di Thailand. Wujud Pad Thai juga hasil campuran dari berbagai bangsa. Mie yang digunakan mirip seperti Pho atau mie khas Vietnam. Sedangkan, Pad Thai juga menggunakan asam seperti makanan khas India.

Walau masyarakat Thailand kelihatan dipaksa untuk mengonsumsi makanan ini, namun Pad Thai berhasil menjadi hidangan khas. Plaek Pibulsongkram telah tiada, Pad Thai masih dinikmati di Thailand, bahkan tersebar ke seluruh dunia.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang yang membuat Pad Thai dengan teknik dan tampilan yang lebih praktis dan sederhana. Penjaja kaki lima juga menyediakan Pad Thai sebagai menu andalan.

Related posts