Masakan Khas Brunei Darussalam Dengan Cita Rasa Unik

Masakan Khas Brunei Darussalam Dengan Cita Rasa Unik

makananluarnegeri.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Masakan Khas Brunei Darussalam Dengan Cita Rasa Unik. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Masakan Khas Brunei Darussalam Dengan Cita Rasa Unik

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang berada di daratan Kalimantan. Dengan latar belakang masyarakat melayu, kuliner tradisional khas Brunei Darussalam menawarkan cita rasa tersendiri yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke negara yang terkenal sebagai salah satu penghasil minyak terkaya di Asia Tenggara ini.

1. Ambuyat
Ambuyat adalah kuliner bubur sagu khas Brunei yang menyerupai Papeda jika di Nusantara. Sama halnya seperti Papeda, makanan tradisional khas Brunei ini juga disantap bersama sup ikan dengan kuah kuning yang memiliki cita rasa gurih ataupun opor ayam dan lauk-lauk pendamping lainnya.

2. Mie Goreng Brunei
Dari segi tampilan, kuliner khas Brunei Darussalam satu ini tak berbeda dengan mie goreng pada umumnya. Namun, diolah dengan sambal khas Brunei dan juga saos tiram yang banyak memberikan cita rasa berbeda pada makanan khas Brunei satu ini. Untuk Toppers yang tertarik mencicipi kuliner Brunei yang populer ini, kamu bisa menemukannya dijajakan oleh pada pedagang kaki lima pada saat malam hari tiba.

3. Belutak
Makanan khas Brunei Darussalam yang memiliki rasa unik selanjutnya adalah Belutak. Belutak sendiri merupakan sosis sapi yang diolah dengan menggunakan bumbu rempah tradisional khas Brunei sehingga memiliki cita rasa yang berbeda. Umumnya Belutak dilengkapi dengan sambal khas Brunei yang pedas atau dimasak sebagai bahan pelengkap berbagai kuliner khas Brunei lainnya.

4. Nasi Katok
Ingin wisata kuliner dengan harga murah? Cobalah Nasi Katok. Bisa dibilang jika kuliner khas Brunei satu ini merupakan nasi kucing khas Brunei karena biasanya dijual dalam bungkusan kertas dan porsi yang cukup kecil layaknya nasi kucing yang umum ditemui di Indonesia. Lauk wajib yang ada di Nasi Katok adalah olahan ayam goreng dengan bumbu khas Brunei yang lezat.

5. Pulut Panggang
Pulut panggang adalah makanan khas Brunei yang dibuat dari beras ketan, santan, gula dan garam yang dimasak kemudian dibungkus menggunakan daun pisang sebelum dipanggang di atas bara api hingga harum.Makanan khas Brunei Darussalam ini biasanya ditambahkan isian daging atau ikan yang menambahkan cita rasa gurih pada kuliner tradisional satu ini.

6. Soto Brunei
Tak hanya di Indonesia, di Brunei Toppers juga bisa menemukan kuliner soto yang terkenal akan cita rasa kuahnya yang gurih. Dari segi ini, Soto Brunei tak jauh berbeda dengan ragam kuliner Soto yang bisa Toppers temui di Indonesia. Dengan kuah bening kecokelatan yang gurih, makanan khas Brunei satu ini paling sedap disantap kala cuaca dingin tiba.

7. Hati Buyah
Makanan khas Brunei selanjutnya yang bisa Toppers wajib coba adalah Hati Buyah. Meskipun bernama hati, nyatanya kuliner tradisional khas Brunei ini dibuat dari paru-paru sapi atau terkadang bisa digantikan dengan daging sapi dan limpa.Diolah dengan bumbu rempah khas Brunei serta kecap, kuliner yang disajikan dengan ditusuk ini memiliki rasa manis yang gurih.

8. Kue Celurut
Kue Celurut atau Kuih Celurut adalah makanan ringan tradisional Brunei yang dibuat dari tepung beras, gula merah, santan, serta bumbu lainnya dan kemudian dibungkus dengan daun kelapa muda.Perpaduan rasa gurih dan manis dari kuliner khas Brunei satu ini menjadikannya sangat cocok mendampingi waktu santai di sore hari bersama segelas kopi atau teh.

Baca Juga : Kimbab Sushi Masakan Original Korea Jepang

9. Salad Udang
Lahir dari perpaduan masakan Belanda dan Melayu, Salad Udang menjadi salah satu kuliner khas Brunei yang cukup digemari. Bersama dengan potongan mangga, mentimun, selada, bawang dan sayuran lainnya, udang disirami dengan saus yang memiliki rasa pedas dan gurih menjadikan makanan khas Brunei satu ini terasa menyegarkan.

10. Katilapam
Katilapam merupakan makanan tradisional khas Brunei yang pada dahulu kala hanya muncul pada saat perjamuan-perjamuan penting. Kuliner khas Brunei ini terbuat dari olahan tepung beras yang disajikan di atas kotak daun kelapa.

11. Kue Cincin
Memiliki cita rasa manis dan renyah, kue cincin adalah pilihan kuliner khas Brunei Darussalam lainnya yang bisa Toppers cicipi. Makanan khas Brunei yang terbuat dari tepung beras ini memiliki bentuk seperti “kembang goyang” dari Indonesia namun rasanya sedikit berbeda.

12. Kue Calak
Selain Kue Cincin, masih ada kuliner Kue Calak yang bisa Toppers cicipi di Brunei. Kue khas Brunei ini terbuat terigu, santan, daging sapi cincang, dan kacang serta sayuran dan bahan pelengkap lainnya. Komposisi bahan yang unik ini memberikan sensasi rasa manis bercampur dengan gurih dan sedikit pedas saat Toppers mencicipi makanan khas Brunei satu ini.

Related posts