Makanan Barat Yang Mirip Dengan Kuliner Indonesia

Makanan Barat Yang Mirip Dengan Kuliner Indonesia

Makananluarnegri.web.id – Tiap negara punya makanan berbeda, entah itu bahan hingga cara pengolahan. Apalagi negara Indonesia yang ada di Asia dan negara-negara yang ada di benua Amerika dan Eropa. Bisa dikatakan makanan Asia dan Barat itu berbeda sekali. Jika di Indonesia kita terbiasa makan nasi maka di barat roti atau kentang. Tapi sebenarnya ada beberapa makanan yang mempunyai penampakan dan kualitas yang mirip dengan makanan barat, Berikut Beberapa makanan barat yang mirip kuliner Indonesia :

1. Chicken wings BBQ dan sayap ayam bumbu kecap.
Jika di barat punya chicken wings BBQ, maka di Indonesia kamu bisa menemukan sayap ayam yang dibumbu kecap. Tekstur ayamnya sama dengan cita rasa yang serupa. Sama-sama manis, gurih, dan enak! Nyam!

2. Risotto dan bubur ayam.
Risotto yang berasal dari Italia ini ternyata punya saudara kembarnya di Indonesia, yaitu bubur ayam. Kedua kuliner ini sama-sama berbahan baku beras. Selain itu, keduanya juga diolah dengan berbagai sayuran dan juga daging. Kedua makanan ini juga sama-sama bertekstur agak lembek.

3. Gelato dan es puter.
Gak usah jauh-jauh ke Italia kalau mau mencicipi gelato. Indonesia sendiri punya gelato tradisional, yaitu es puter. Kedua jajanan ini sama-sama bertekstur lembut. Bedanya, jika gelato berbahan baku susu maka es puter berbahan baku santan kelapa. Kamu lebih suka yang mana?

4. Steak dan rendang.
Sama-sama berbahan baku daging sapi dan berbumbu, steak dan rendang memang pantas disandingkan. Bedanya jika steak diolah dengan cara dibakar dan dibumbui garam serta saus BBQ, maka rendang kaya akan rempah dengan cara pengolahan dimasak dalam jangka waktu yang sangat lama. Mana yang lebih kamu suka?

5. Meatballs dan bakso.
Kedua sajian ini memang nampak serupa. Meatballs di Amerika dan Eropa terbuat dari tepung roti, susu, daging sapi, serta bahan lainnya. Sedangkan bakso terbuat dari tepung kanji dan daging (sapi, ayam, atau ikan). Meatballs biasa dikonsumsi dengan spaghetti atau nasi, di Indonesia bakso biasa disajikan dengan kuah dan mi bihun atau mi kuning.

6. Pancake dan martabak manis.
Pancake dan martabak manis memang memiliki kemiripan. Pasalnya bahan dasar untuk membuat makanan ini hampir sama. Contohnya saja seperti tepung terigu, telur, susu, garam, dan baking soda. Hanya saja bentuk dari makanan ini agak berbeda dengan topping yang juga tak sama. Jika biasanya pancake itu polosan dan disajikan dengan sirup maple, maka martabak manis berisi meises, keju, atau kacang.

Baca Juga : Beberapa Fakta Menarik Seputar Taco

7. Spaghetti dan mi Jawa.
Italia punya spaghetti, maka Indonesia punya mi goreng. Kedua kuliner yang berbahan dasar mi ini hampir mirip penampakannya, namun soal rasa agak berbeda. Pasalnya, spaghetti dibumbui dengan bolognaise yang didominasi rasa tomat, sedangkan mi Jawa didominasi rasa manis dari kecap.

8. Salad buah dan rujak.
Salad buah dan rujak bisa dikatakan kuliner kembar. Bedanya, jika salad buah didominasi buah berries maka rujak lebih cenderung diisi oleh varian buah tropis. Selain itu, salad buah biasanya menggunakan mayonaise dan rujak ditemani oleh sambal kacang. Hmm. . . enak!

9. Salad sayur dan gado-gado.
Nah, selain salad buah, Indonesia juga punya salad sayur dengan nama gado-gado. Salad sayur diisi dengan ragam sayuran hijau seperti daun selada, bawang bombai tomat, daun kale, dan banyak sayuran lainnya. Sedangkan gado-gado memiliki kacang panjang, daun selada, taoge, kangkung, timun, telur, tahu, dan tempe serta disiram oleh sambal kacang. Kamu lebih suka mana?

10. Smoothies bowl dan sup buah
Smoothies bowl biasanya diisi dengan buah berries kemudian berkuah jus buah naga atau buah lainnya. Sedangkan, di Indonesia kita punya sup buah. Sup buah berkomposisi buah segar dan berair seperti semangka, melon, pepaya, dan buah naga. Sedangkan kuah dari sup buah adalah susu. Sama-sama menyegarkan kan?

Related posts