Macaron

Macaron

Apa itu Macaron

Kata Macaron berasal dari kata Italia macarone,maccarone atau maccherone, yaitu meringue. Manisan ini ditandai dengan bagian atas yang halus,bagian pinggiran yang kasar (disebut dengan “foot” atau “pied”),dan bagian bawah yang rata. Macaron biasanya ditemukan dengan berbagai rasa,warna dan isian dari macaron tradisional (Cokelat,Rasberi) hingga yang lebih modern (Matcha,butterscotch,bubblegum). Macaron adalah kue berbasis meringue yang biasanya dibuat dengan putih telur,gula icing,gula pasir,tepung almond atau almond bubuk dan pewarna makanan. Macaron umumnya terdiri dari ganache atau isian lain seperti buttercream sebagai isi dari dua kue kering yang mengapit isian tersebut.

 

Jenis Macaron di Dunia

Macaron

Macaron jenisnya sangat banyak di berbagai negara. Resepnya ada yang tradisional dan juga modern. Di jaman ini saja, resep macaron semakin berkembang dan bahkan macaroon ditambahkan berbagai pewarna sehingga membuat penampilannya semakin menarik. Nah, inilah beberapa jenis kue macaroons di seluruh dunia :

 

Skotlandia

Macaroon Skotlandia adalah sebuah kukis manis dengan bagian tengahnya  selembut beludru dan ditaburi kelapa panggang. Secara tradisional, macaroons ini terbuat dari sisa kentang tumbuk dingin dan roti gula. Setelah macaroons menjadi terkenal, resep kentang tumbuk diganti dengan gula, glukosa, air dan putih telur. Resep ini bahkan ditemukan tidak sengaja oleh John Justice Lees tahun 1931 saat ia melemparkan kelapa ke atas fondant cokelat yang gagal ia buat.

 

Amerika Utara

Di sana, macaroon kelapa adalah yang paling banyak dikenal. Biasanya macaroon kelapa lebih padat,lembab dan manis, dan sering dicelup ke dalam cokelat. Macaroon kelapa terbuat dari putih telur, gula dan kelapa parut yang kemudian dipanggang dengan bentuk bintang. Kadang didalamnya juga ditambah kacang seperti almond, pecan atau kacang mede. Di Australia, biasanya didalam macaroon tersembunyi selai raspberry atau buah glace di tengah kue.

 

Perancis

Di Perancis, macaroon kelapa dikenal sebagai “congolais”. Nama lain untuk macaroon kelapa “le rocher à la noix de coco”. Versi tepung almond sebagai bahan utamanya disebut “le macaron” dalam bahasa Prancis.

 

Puerto Rico

Di Puerto Rico, makaroni kelapa disebut besitos de coco(ciuman kelapa kecil). Beberapa variasi besitos de coco dapat ditemukan di pulau, yang paling populer digunakan adalah kulit lemon dan vanili sebagai bahan tambahan.

 

Turki

Acibadem Kurabiyesi adalah kue tradisional Turki yang terbuat dari almond putih, gula dan telur. Resep-resep tradisional termasuk sejumlah kecil almond pahit, yang memberikan nama pada kue ini. Karena almond pahit tidak tersedia, almond ekstrak biasanya digunakan sebagai pengganti. Kue ini merupakan bagian dari saham-dalam perdagangan hampir setiap toko roti di Turki , karena mereka jarang dibuat di rumah.

 

Baca juga makanan luar negeri lainnya : Tacos : Makanan Meksiko Berusia 500 Tahun

One comment