Kuliner Lidah Khas Laos

Kuliner Lidah Khas Laos

makananluarnegri.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Kuliner Lidah Khas Laos. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Kuliner Lidah Khas Laos

1. Larb
Berbahan utama daging cincang yang dibumbui kecap ikan, perasan jeruk nipis, bumbu kaldu ikan yang difermentasi khas Loas, beras tumbuk serta rempah-rempah lainnya sebelum kemudian ditumis, Larb adalah salah satu makanan khas Laos yang cukup populer dan mudah ditemukan.Sajian khas Laos ini kerap dihidangkan dengan ketan dan juga sayur-sayuran segar sehingga kerap dijuluki sebagai salad daging. Daging yang digunakan untuk makanan khas Laos ini sendiri bisa menggunakan daging ayam, daging sapi, atapun domba.

2. Mok Pa
Sekilas makanan khas Laos selanjutnya ini terlihat seperti makanan khas Nusantara, Pepes. Namun bumbu yang digunakan untuk membuat Mok Pa sedikit berbeda. Berbahan dasar daging ikan yang dibumbui dengan sereh, daun bawang, kecap ikan, terasi, cabai dan daun dill, masakan khas Laos ini dimasak dengan cara dikukus dalam bungkusan daun pisang. Bumbu dan proses masak inilah yang menjadikan sajian khas Laos ini terasa lezat dan aromanya sangat menggoda selera.

3. Khao Piak Sen
Sajian Mie Beras yang disirami kuah kaldu sapi atau ayam berbumbu rempah dengan topping aneka seafood dan sayuran segar, Khao Piak Sen adalah pilihan makanan khas Laos selanjutnya yang tak kalah lezat. Saat menyantap sajian ini, mungkin Toppers akan teringat dengan Pho, makanan khas Vietnam sejenis mie beras juga. Namun, Khao Piak Sen cenderung memiliki cita rasa lebih gurih dan kuat.Makanan khas Laos ini juga bisa dilengkapi dengan topping irisan jantung atau hari ayam. Ditambahkan dengan perasan air jeruk lemon, menambah kesegaran dari cita rasa kuliner khas Laos satu ini.

4. Tam Mak Hoong
Tak kalah menyegarkan, makanan khas asal Laos selanjutnya adalah Tam Mak Hook, sajian salad berbahan dasar irisan pepaya muda yang disajikan bersama tomat, kacang tanah, kacang panjang, lengkap dengan bumbu gula aren, saus ikan, cabai, perasan jeruk nipis, dan bumbu fermentasi jus ikan khas Laos.Hidangan segar yang satu ini mirip dengan salad pepaya di Thailand. Salad ini dibuat dari irisan pepaya muda, tomat, kacang tanah dan kacang panjang yang dibumbui dengan gula aren, jeruk nipis, saus ikan, cabe dan jus ikan yang difermentasi. Ciri khas rasa dari Tam Mak Hoong adalah manis, asam dan asin, mirip dengan asinan sayur Betawi di Indonesia.

5. Nam Khao Tod
Nam Khao Tod merupakan sajian yang sekilas terlihat seperti nasi goreng. Dilengkapi dengan kacang tanah, parutan kelapa, potongan sosis khas Loas, perasan jeruk nipis, dan bumbu saus ikan fermentasi khas Loas, makanan khas Laos satu ini jelas memiliki rasa yang jauh lebih khas dan unik dibandingkan dengan nasi goreng yang umumnya Toppers temukan di Indonesia.Lebih unik lagi adalah cara mengonsumsi dari kuliner khas Laos ini. Umumnya masyarakat Laos akan mengonsumsi Nam Khao Tod dengan menggunakan selembar daun selada, meletakkan Nam Khao Tod diatasnya, dibungkus kemudian disantap dalam sekali suap. menarik, bukan?

6. Ping Gai
Ping Gai bisa dikatakan adalah ayam panggang khas Laos. Tentunya yang menjadi pembeda dari sajian khas Laos ini dengan ayam panggang umumnya adalah bumbu-bumbu yang digunakan dalam mengolah kuliner ini yang memberikannya memiliki cita rasa gurih yang khas.Umumnya, makanan khas Laos ini disajikan bersama ketan dan dilengkapi juga dengan Tam Mak Hoong yang menyegarkan.

7. Khao Jee
Makanan khas Laos selanjutnya adalah Khao Jee alias sandwich khas Laos. Menyerupai Banh Mi asal Vietnam, masakan khas Laos ini terdiri dari roti baguette khas Perancis yang diisi dengan irisan tomat, keju, daging ham, wortel, seladan dan dibumbui dengan saus bawang putih dan cabai.Sangat mudah untuk menemukan kuliner khas Laos satu ini karena Khao Jee kerap dijual oleh pedagang-pedagang kaki lima. Sajian ini paling lengkap disantap dengan minuman kopi sebagai pendamping.

8. Kaipen
Kuliner menarik asal Laos selanjutnya adalah Kaipen yang berbahan dasar rumput laut yang dibumbui dengan bawang putih dan juga wijen. Kaipen sendiri sangat populer sebagai makanan ringan di kawasan Laos Utara khususnya kota Luang Prabang.Selain dikonsumsi langsung sebagai makanan ringan, kuliner khas Laos satu ini kerap juga dijadikan bahan pelengkap sajian lain seperti dengan ditaburi ke atas makanan atau digunakan untuk membungkus makanan-makanan khas Laos lainnya.

Baca Juga : Kuliner Menarik Dari Taiwan

9. Pad Khee Mao
Pilihan sajian makanan khas Laos lainnya yang bisa Toppers cicipi adlaah Pad Khee Mao yang kerap disebut juga dengan nama “Mie Mabuk”. Makanan berbahan utama Mie ini terkenal dengan cita rasa pedasnya yang membuatnya sangat cocok disantap untukmu yang merupakan penggemar sajian kuliner becitarasa pedas.Ditumis dengan beragam bumbu dan rempah lainnya, Pad Khee Mao merupakan makanan khas Laos dengan cita rasa cukup kuat dan lezat.

10. Or Lam
Berasal dari daerah Luang Prabang, Laos, Or Lam adalah makanan khas Laos yang terbuat dari sayur-sayuran seperti terong, kemangi, jamur, kacang, Sa Khan yang merupakan bahan makanan khas Laos dan berbagai bahan lainnya yang direbus bersama rempah-rempah hingga menghasilkan rasa gurih yang nikmat. Tak cuma sayur saja, terkadang sajian khas Laos ini juga dilengkapi dengan daging kerbau sebagai pelengkap.

11. Phor
Phor adalah sajian berkuah asal Laos yang terbuat dari bihun yang disirami dengan kaldu sapi dan dilengkapi dengan berbagai topping sayur-sayuran. Bagi Toppers yang menyukai masakan pedas, Phor juga sangat nikmat bila ditambahkan irisan cabai sebagai penambah cita rasa pedas pada masakan khas Laos satu ini.

12. Khao Niaw
Karena lokasi geografisnya, beberapa makanan-makanan khas Laos mendapatkan pengaruh dari negara-negara tetangganya seperti Thailand dan juga Vietnam. Seperti sajian Khao Niaw yang menyerupai Mango Sticky Rice, sajian makanan khas Thailand yang sangat populer itu.

Related posts