Kimchi

Kimchi

Apa itu Kimchi

Kimchi adalah  asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Sayuran yang paling sering dibuat kimchi adalah lobak dan sawi. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Kimchi biasanya diletakkan di meja makan sebagai pendamping masakan mirip acar, namun tak jarang pula kimchi dicampurkan langsung ke dalam masakan seperti nasi goreng atau sup.

 

Asal Mula Makanan Kimchi

Kimchi Korea ini memiliki sejarah yang bermula pada kebutuhan orang zaman pra sejarah yang menggunakan garam sebagai bahan pengawet. Garam ini digunakan sebagai pengawet makanan yang akan dimakan pada saat musim dingin yang sudah disiapkan dari sejak musim gugur. Karena pada musim dingin jenis sayuran yang tumbuh di korea ini sangat terbatas, maka tercetuslah ide untuk mengawetkan makanan. Pada awalnya Kimchi Korea ini diawetkan dengan garam, namun kemudian terbentuklah inovasi dari berbagai macam bumbu untuk mengawetkan Kimchi Korea selain garam, antara lain asinan seafood, daging dan juga cabe merah.

 

Kimchi Terlezat di Korea

 

Baechu Kimchi

Baechu Kimchi

Baechu kimchi adalah acar khas Korea yang paling terkenal dan umum ditemui di berbagai restoran-restoran yang menyajikan makanan khas Korea. Terbuat dari sawi putih asin yang dicampur gochujang, kimchi dengan rasa asam yang dominan dengan sedikit sensasi pedas sangat cocok dimakan bersama ramyeon atau dimasak bersama dengan sup tahu atau sundubu-jjigae khas Korea.

 

Baek Kimchi

Baek Kimchi

Berbeda dengan baechu kimchi, baek kimchi adalah kimchi yang dibuat tanpa tambahan pasta cabai sehingga tidak terasa pedas sama sekali. Dengan bahan utama sawi putih, baek kimchi dibuat dengan tambahan bawang putih, daun kucai, lobak, dan buah-buahan seperti pir Korea dan jujube atau lebih dikenal dengan kurma Korea.

 

Kkakdugi

Kkakdugi

Tak hanya dari sawi, kimchi juga dapat dibuat dari sayuran jenis lain salah satunya adalah kkakdugi yang terbuat dari lobak. Lobak dipotong-potong dadu lalu dicampur dengan pasta cabai dan taburan wijen. Kkakdugi yang bercitarasa mirip baechu kimchi namun dengan tekstur lebih renyah paling cocok disantap dengan seolleongtang, yaitu sup berwarna putih dari kaldu tulang dan daging lembu.

 

Chonggak Kimchi

Chonggak Kimchi

Chonggak kimchi adalah acar lobak yang berbentuk unik menyerupai ponitail atau rambut yang diikat seperti buntut kuda. Dibuat dari lobak dengan daunnya, kimchi ini bertekstur lebih renyah dari kimchi jenis lainnya. Uniknya, chonggak sendiri jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris artinya adalah bujangan. Hal ini karena bentuk kimchi yang terlihat seperti rambut para pria Korea yang belum menikah pada zaman dahulu.

 

Oi Sobagi

Oi Sobagi

Hampir serupa dengan acar khas Indonesia yang terbuat dari mentimun, oi sobagi adalah fermentasi sayuran yang memiliki kadar air yang tinggi ini. Cara membuatnya serupa dengan baechu, oi sobagi dibuat dengan mencampur timun yang telah dibelah dua dengan timun, bawang bombay, jahe, dan bawang putih. Kimchi jenis ini sangat nikmat disantap dengan semangkuk sup khas Korea yang hangat.

 

Baca juga makanan luar negeri lainnya : 5 Pasta Paling Enak di Dunia

Related posts