Goi Cuon (Lumpia Khas Vietnam)

Goi Cuon

Apa itu Goi Cuon

Spring roll atau lumpia sudah dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Vietnam pun memiliki sajian spring roll yang cukup mendunia dan kerap menjadi makanan pembuka. Spring roll ini dikenal dengan sebutan ‘goi cuon‘ dan ‘cha gio’. Keduanya memakai bahan kulit berupa banh trang (rice paper). Kulit tipis berwarna putih transparan ini terbuat dari tepung beras. Pembuatan goi cuon berbeda-beda, tergantung wilayahnya. Ada yang mengisi spring roll sepenuhnya dengan sayuran, namun ada pula yang menambah daging. Sehingga di negara Barat, goi cuon dikenal dengan ‘salad roll’.

Goi Cuon umumnya disajikan dalam suhu ruangan (atau didinginkan) dan tidak digoreng atau dimasak bagian luarnya. Makanan ini berada diurutan ke 30 dalam 50 Makanan paling lezat sedunia yang dirilis oleh CNN Go. Goi Cuon menjadi hidangan pembuka yang sangat populer di kalangan pelanggan di restoran masakan Vietnam.

 

Cara Penyajian Goi Cuon

Pembuatan goi cuon berbeda-beda, tergantung wilayahnya. Ada yang mengisi spring roll sepenuhnya dengan sayuran, namun ada pula yang menambah daging. Sehingga di negara Barat, goi cuon dikenal dengan ‘salad roll’. Isian goi cuon kemudian dibungkus dengan banh trang yang sudah lembut setelah dibasahi air. Goi cuon disajikan bersama saus cocolan. Saus pelengkapnya berupa nuoc cham (saus kecap ikan) atau saus hoisin kacang.

Sementara cha gio merupakan versi spring roll goreng dan lebih umum dipakai Vietnam bagian selatan. Vietnam utara menyebutnya nem ran. Isian utama cha gio umumnya adalah daging babi cincang ataubisa juga memakai udang, kepiting, ayam, tahu hingga siput. Pelengkapnya berupa jamur, wortel, daun bawang, tauge, bihun dan lainnya. Isian yang dibungkus banh trang lalu digoreng dalam minyak sampai cokelat keemasan.

Bentuk cha gio memang lebih mirip dengan lumpia di Indonesia. Cha gio bisa dimakan begitu saja atau dicocol ke dalam saus nuoc cham. Dapat pula disajikan bersama bihun seperti pada hidangan bun cha gio. Pendamping sajian ini berupa sayuran segar. Pada dasarnya resep untuk spring roll Vietnam bisa berbeda-beda dari satu keluarga dengan keluarga lainnya. Begitu juga isian yang dipakai untuk goi cuon dan cha gio.

 

Baca juga makanan luar negeri lainnya : Yakitori – Sate Ayam Khas Jepang

Related posts