French Fries Dari Amerika

French Fries Dari Amerika

Makananluarnegri.web.id – French Fries, merupakan makanan yang selalu menjadi salah satu elemen utama di restoran bernama McDonalds. Makanan itu termasuk salah satu makanan yang terkenal dimana tidak hanya satu negara saja yang menjualnya, berikut ini ada pembahasan singkat dari makanan tersebut dan panduan cara membuat nya.

Kentang goreng buatan resto fast food ini memang banyak disukai karena rasanya crunchy dan bagian dalamnya lembut. Seorang chef dari Los Angeles akhirnya menemukan resep rahasia membuat french fries yang seenak bikinan McDonalds.

David Myers, chef dari restoran Perancis Comme Ca di Los Angeles Amerika mengungkapkan resep rahasia yang berhasil dibuatnya untuk french fries a la McDonalds. Rahasia utama kentang goreng ini terletak pada potongan kentang yang sama,

Sudah menjadi rahasia umum, french fries McDonalds dibuat dengan standar mutu yang sama. Mulai dari pemilihan kentang, pemotongan, penggorengan hingga proses pembekuan. Semuanya dilakukan melalui riset yang panjang sehingga mereka memiliki aturan baku. Inilah yang membuat french fries McDonalds memiliki rasa yang sama di seluruh Amerika bahkan di dunia.

Seperti yang diungkap chef David,”McDonalds selalu konsisten. Saya tak bisa membayangkan berapa juta dollar yang dipakai untuk riset sehingga diperoleh kualitas french fries yang sama di seluruh dunia’.

Baca Juga : Tuna Sandwich Dari Amerika

Jika McDonalds membuat kentangnya jadi beku dan dikirim ke seluruh outletnya maka chef David membuat french fries dengan gaya Perancis dengan bahan-bahan berkualitas yang bisa ditiru di rumah setiap orang.

‘Rahasianya terletak pada kentang Idaho, garam Perancis dan minyak goreng yang segar berkualitas,’ demikian ungkap sang chef. Selain itu juga diperlukan persiapan sebelumnya, serta konsisten seperti yang dilakukan McDonalds.

Kentang yang sudah dipotong-potong harus direndam dalam air dingin minimal 2 jam agar semua tepung yang melekat pada bekas irisannya bisa larut kemudian barulah kentang ditiriskan. Dengan resep sang shef ini french fries bisa dibuat setengah matang, disimpan dalam kulkas dan saat akan disajikan tinggal digoreng. ‘Enak, renyah, gurih dan kuning keemasan,’ tutur sang chef tentang french friesnya.

Ingin membuat french fries sendiri? Cobalah resep chef David seperti yang dilansir dibawah ini,

French Fries ala Ched David Myers,

Bahan:

  • 6 buah kentang Idaho
  • minyak goreng
  • garam laut

Cara membuat:

  1. Kupas kentang lalu potong hingga berbentuk kotak.
  2. Potong-potong ukuran 3x8x2 cm lalu rendam dalam air dingin selama 2 jam.
  3. Tiriskan kentang hingga kering.
  4. Panaskan minyak banyak dengan suhu 140 C.
  5. Goreng kentang selama 2 menit.
  6. Angkat dan tiriskan segera.
  7. Panaskan minyak kembali hingga bersuhu 180 C.
  8. Goreng kentang kembali hingga kuning keemasan dan kering selama 3-4 menit.
  9. Angkat dan tiriskan.
  10. Sajikan dalam keadaan hangat.

Kentang Idaho adalah kentang dari daerah Idaho yang berukuran besar. Bisa dipakai kentang tes berukuran besar sebagai pengganti.

Related posts