Dondurma (TURKI)

Dondurma (TURKI)

makananluarnegri.web.id – Dondurma (TURKI), Makanan yang satu ini bukan hanya disukai oleh anak-anak saja, tetapi orang dewasa juga suka menyantap kuliner es krim ini. Di Turki, ada satu es krim dengan citarasa yang khas bernama Dondurma.

Makanan yang satu ini bukan hanya disukai oleh anak-anak saja, tetapi orang dewasa juga suka menyantap kuliner es krim ini. Di Turki, ada satu es krim dengan citarasa yang khas bernama Dondurma.

Tekstur es krim ini cenderung lengket seperti permen karet. Untuk meramu es krim ini, diperlukan salep yang terbuat dari tepung akar anggrek usia muda serta mastic yang merupakan getah dari tumbuhan. Tidak heran bila tekstur es krim ini lebih lengket dari es krim biasanya. Dondurma dapat ditemukan di food truck atau kios es krim yang ada di tepi jalan-jalan ramai yang ada di Turki.

Baca juga : Dolma (TURKI)

BAHAN :

  • 4 cangkir susu
  • 1 gelas gula
  • 1 sdt salep
  • 1 sdt bubuk vanili

Mulai masak :

  1. Campurkan salep, gula, dan bubuk vanila ke dalam mangkuk.
  2. Panaskan susu sedikit dan tambahkan campuran salep secara bertahap. Pastikan tidak ada benjolan yang tersisa. Aduk terus. Mencapai konsistensi puding saat dimasak.
  3. Bawa panas ke yang terendah dan masak selama 30-40 menit.
  4. Biarkan dingin.
  5. Pindahkan ke mangkuk dan masukkan ke dalam freezer. Biarkan selama 30 menit.
  6. Ambil dan kocok terus dengan garpu selama 2-3 menit. Mengikis cyristals es yang Anda lihat di sekitar bagian atas wadah. Masukkan kembali ke dalam freezer.
  7. Ulangi ini 4-5 kali setiap 30 menit. Anda akan melihat bagaimana peregangan ketika mengaduk. Jika Anda mengocoknya membiarkannya meregang, lebih baik.
  8. Pindahkan campuran dalam wadah kedap udara dan bekukan selama 5 jam. Es krim dondurma siap disajikan.

Related posts