Dim Sum

dim sum

Apa itu Dim Sum

Dim sum merupakan makanan khas Hongkong yang sangat terkenal di Indonesia. Di Indonesia, dim sum memiliki kesamaan dengan siomay. Makanan ini sangat digemari semua kalangan. Dalam porsi yang tidak terlalu banyak, makanan ini cocok untuk disantap pada saat sarapan. Saat sarapan atau pagi hari, sebaiknya menyantap dim sum bersama teh untuk sensasi yang lebih baik.

 

Sejarah Makanan Dim Sum

Dimsum merupakan makanan tradisional China yang sudah ada sejak zaman Dinasti Han (206 SM –  220),yang berarti saat ini usianya sudah ribuan tahun. Dimsum terbagi menjadi dua, yaitu dimsum goreng dan kukus. Untuk yang kukus biasanya disajikan dalam wadah bambu, dengan tujuan agar tetap hangat saat disantap.

Kudapan ini berasal dari Jalur Sutra khususnya di bagian Asia Tengah, dimana pada zaman Dinasti Han merupakan rute perjalanan yang sering dilalui pedagang, buruh, dan petani. Orang-orang yang berlalu lalang membutuhkan tempat istirahat dan kemudian mampir sejenak ke kedai, untuk menikmati teh dan makanan ringan. Makanan ringan inilah yang sekarang kita kenal dengan dimsum dan kemudian muncul istilah yumcha yang berarti minum teh bersama sambil menyantap dimsum.

Kebiasaan makan dimsum ternyata pernah pudar sejenak loh. Hal ini dikarenakan oleh salah satu tabib yang terkenal pada zaman itu, Hua Tuo mengatakan makan dimsum dapat menyebabkan kegemukan. Akan tetapi masyarakat Kanton di Cina Selatan tidak mempedulikan imbauan tersebut, malah menjadikan dimsum sebagai makanan tradisional untuk dinikmati dengan teh bersama teman-teman.

 

5 Jenis Dim Sum yang Disukai Orang Indonesia

 

Tofu Skin Roll

Tofu skin roll

Salah satu ciri khas dari jenis dimsum ini adalah kulit bungkusannya yang tidak menggunakan adonan tapioka, melainkan dari tahu. Hal ini menjadikannya paling banyak diburu.

 

Shumai

Shumai

Shumai bisa dibilang mirip siomay. Ini jenis dimsum yang paling banyak disukai orang Indonesia. Rasa rempah yang kuat jadi ciri khasnya. Apalagi kalau isinya udang.

 

Phoenix Claws

Phoenix Claws

Siapa sih yang bisa menolak kenikmatan ceker? Apalagi dengan bumbu kecap dan rempah-rempah. Sudah pasti lezat sekali.

 

Har Gow

har gow

Kamu bukan pecinta dimsum kalau belum pernah nyobain har gow. Biasanya dimsum ini berisi cacahan udang segar dan dibungkus adonan tepung yang tipis. Lezat disajikan saat dalam keadaan panas.

 

Lotus Leaf Rice

Lotus leaf rice

Dimsum jenis ini bakal dipastikan akan menjadi kesukaan masyarakat Asia. Dibungkus menggunakan daun teratai, dimsumnya berisi beras, daging cincang, jamur, dan bumbu kacang khas yang dikukus bersamaan.

Baca juga makanan luar negeri lainnya : Jenis Sushi dari Paling Terkenal di Jepang

Related posts