Menu Makanan Luar Negri Halal

Menu Makanan Luar Negri Halal

Menu Makanan Luar Negri Halal – Berikut ini merupakan artikel yang membahas tentang rekomendasi menu makanan luar negri halal ang sudah diranngkum dari sumber terpercaya.

Kalau yang suka jalan-jalan, wisata kuliner memang jadi aktivitas wajib bagi traveler. Selain bisa belajar budaya negara orang, kita juga bisa mencicipi makanan-makanan lezat khas setempat.
Tapi bagi yang pertama kali jalan-jalan ke luar negeri, apalagi negara non-islam tentunya mempunyai list makanannya sendiri yang tak boleh bertentangan dengan ajaran agamanya, alias harus halal.
Tenang aja, tak semua bahan makanan di negara orang itu terbuat dari daging atau bahan yang bertentangan dengan syarat halal. Lantas apa saja makanan luar negeri yang halal?
1. Tendon (Jepang)
Tendon atau Tempura Donburi adalah semangkuk nasi yang diatasnya ditaruh berbagai macam tempura. Adapun variasi tempuranya adalah telur rebus 1/2 matang, udang, sayuran (cabai hijau, akar teratai, terong ungu), unagi (semacam belut besar), bisa juga ayam. Untuk menambah rasa biasanya Tendon diberi saus bernama tentsuyu yang diberi irisan lobak dan jahe.
2. Pad Thai (Thailand).
Pad Thai hampir mirip dengan kwetiau di Indonesia. Hanya saja Pad Thai lebih banyak varaisi sayurannya. Pad Thai merupakan makanan nasional orang-orang Thailand dan makanan paling sering dijumpai disetiap stan makanan. Adapun bahan Pad Thai adalah mie beras (kwetiaw), tauge, acar lobak, kacang tanah, telur, tahu, kucai. Untuk variasinya ada udang, kepiting, dan ayam. Tak lupa juga tambahkan jeruk limau untuk menambah rasa segar.
3. Samgyetang (Korea Selatan)
Jika kalian bosan makan Bulgogi, Samgyetang bisa jadi pilihan. Samgyetang merupakan sup ayam utuh yang dimasak selama 3 jam. Ayamnya sendiri sengaja tidak dipotong karena dalam perut ayam dimasukkan beberapa bahan seperti ginseng, biji jujuba, beras ketan, bawang putih, dan bisa juga ditambah ramuan obat tradisional.
Biasanya orang Korea memakan Samgyetang pada saat musim panas untuk memulihkan tenaga dan melawan hawa panas.
4. Kalderetang Kambing (Filipina)
Kalau kamu pecinta daging kambing, di filipina ada masakan bernama Kalderetang Kambing. Merupakan makanan sejenis soup daging kambing dengan saus tomat, kacang polong, kentang, wortel, dan paprika.
Makanan ini banyak dijual diresto-resto dengan harga yang terjangkau.
5. Mapo Doufu (Tiongkok)
Jika kalian jalan-jalan ke China, jangan lupa cicipi Mapo Doufu atau Tahu Mapo.
Hidangan ini berbahan utama tahu putih bersaus pedas yang terbuat dari pasta cabai dan fermentasi kacang kara. Tahu Mapo berasal dari provinsi Sichuan. Hidangan ini sangatlah bila cocok disantap bersama nasi putih hangat.
6. Stroganoff (Rusia).
Makanan olahan daging sapi ini sangatlah terkenal di Rusia maupun di luar Rusia.
Stroganoff merupakan tumisan daging sapi yang dipotong dadu yang dimasak dengan saus tomat, saus mustard, kaldu daging, dan bawang bombai serta disajikan dengan saus asam.
Stroganoff juga bisa ditambahkan pasta seperti spageti, pene, dll.
Makanan Khas Negi Ginseng yang Mendunia

Makanan Khas Negi Ginseng yang Mendunia

Makanan Khas Negi Ginseng yang Mendunia – Negri ginseng merupakan sebutan untuk negara korea, negara ini terkenal dengan banyak hal mulai dari paras masyarakatnya, wisata alamnya, hingga makanan khas negri ginseng ini.

1. Kimchi

kimchi

Kamu tentu tidak asing lagi dengan makanan khas Korea yang satu ini.

Kimchi sendiri terbuat dari sawi putih atau lobak yang difermentasikan dan kemudian diberi bumbu khas Korea.

Uniknya, ternyata ada 187 jenis kimchi loh yang tersebar di Korea Selatan. Paling terkenal adalah kimchi lobak dan sawi putih.

Bagi masyarakat Korea, kimchi termasuk makanan pendamping wajib saat makan pagi, siang, dan malam.

Dibuat tanpa bahan pengawet, kimchi bisa tahan lama hingga tiga tahun. Dengan catatan, harus disimpan di kulkas ya.

Selain itu, kimchi juga dijuluki sebagai salah satu makanan tersehat di dunia.

Ini karena kimchi mengandung probiotik dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Pokoknya, wajib dicoba deh!

2. Bibimbap

bibimbap

Bagi kebanyakan orang Korea, bibimbap wajib dihidangkan pada malam Tahun Baru Imlek.

Makanan khas Korea ini awalnya dikenal dengan ‘goldongban’ selama masa Dinasti Joseon, dan berganti nama menjadi Bibimbap abad ke-20.

Bibimbap atau nasi campur ini mencakup berbagai sayuran, daging, kimchi, telur mata sapi setengah matang, dan saus gochujang.

Di Korea Selatan sendiri, Bibimbap dapat ditemukan di wilayah Jeonju, Tongyeong, dan Jinju.

3. Bulgogi

bulgogi

Bulgogi adalah makanan khas Korea populer, berisi irisan daging tipis yang dipanggang dengan kecap, wijen, bawang, dan lada hitam.

Biasanya, ada variasi bulgogi, mulai dari daging babi (dwaeji-bulgogi), ayam (dak-bulgogi), dan sotong (ojingeo-bulgogi).

Dari berbagai sumber, Bulgogi ditetapkan sebagai makanan khas Korea sejak periode Goguryeo dari 37 Sebelum Masehi.

4. Kimbab/Gimbab

kimbab

Jika di Jepang ada sushi, maka Korea juga punya yaitu Kimbab atau Gimbab. Dari bentuknya, kimbab sekilas memang mirip dengan sushi.

Isi kimbab pun berupa sayuran, daging, ikan, telur, keju, acar, dan lainnya, yang dibungkus rumput laut kering atau sering disebut Kim.

Karena bahan-bahannya mudah dicari, nasi rumput laut ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

5. Tteokbokki

tteokbokki

Tteokbokki merupakan kue beras pedas yang terbuat dari tepung beras dan dimasak dengan bumbu gochujang.

Kue tepung beras ini bisa disajikan bersamaan dengan ramen atau lembaran Odeng dan keju.

Untuk menambah kenikmatan, biasanya Tteokbokki ditambah dengan telur rebus atau pun lembaran fish cake.

Baca Juga: 6 Makanan Asli Khas Asia Tenggara Berbahan Santan

6. Samgyetang

Samgyetang

Sup tradisional khas Korea ini terbuat dari ayam, bawang putih, nasi, daun bawang, jujube Korea, ginseng, dan rempah lainnya.

Umumnya, Samgyetang dihidangkan masyarakat Korea selama musim panas agar tubuh berkeringat dan menambah stamina.

Selain rasanya creamy dan kenyal, Samgyetang ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi loh, guys.

7. Jajangmyeon

jjangmyeon

Makanan khas Korea Selatan berikutnya yang tak kalah lezat yaitu Jajangmyeon. Kalau di Indonesia, makanan ini mirip dengan mi ayam.

Di Korea sendiri, makanan ini biasa disajikan dengan saus pasta kacang hitam asin.

Pertama kali, Jajangmyeon muncul pada tahun 1905, dibawa oleh imigran China yang membuka restoran di kawasan Incheon.

5-Rekomendasi-Makanan-Jepang-Yang-Sangatr-Maknyus-Di-Santap

5 Rekomendasi Makanan Jepang Yang Sangatr Maknyus Di Santap

makananluarnegri – Apakah Anda pernah kepikiran tentang makanan ketika sedang berlibur di Jepang? Jika memang iya, makanan apa yang akan kalian pilih nantinya ketika sedang berliburan ke Jepang? Nah, kalau kalian uda sampai sana, kami hanya mengingati saja bahwa ada beberapa makanan di Jepang yang sayang untuk di lewatkan.

Makanan Jepang memang tidak ada duanya, banyak sekali orang Indonesia yang datang ke Jepang hanya untuk mencicipi lezatnya makanan Jepang dan rasa khas yang ada pada makanan negara Sakura ini.

Alasannya ya tentu karena dengan adanya aneka makanan di Jepang yang mempunyai kekhasan khusus terkait cara memasak dan penyajian makanan tersebut dengan rasa yang lezat serta juga enak di lidah.

Bila dibandingkan dengan negara lain, rasa dari makanan Jepang memang berbeda dari makanan negara lain karena makanan Jepang memiliki tekstur yang lebih lembut, rasa yang lebih original. Banyak sekali jenis makanan khas asal Jepang yang sudah dikenal luas oleh para pecinta kuliner dunia termasuk Indonesia.

Berikut ada 5 Makanan Jepang Yang Wajib Kamu Coba, seperti apa saja itu? Silahkan cek di bawah ini.

1. Sushi

Kalo makanan Jepang yang satu ini pasti sudah tahu nih, mungkin malah menjadi makanan Jepang paling favorit bagi sebagian orang Indonesia! Selain di Indonesia, negara Jepang yang merupakan asal dari makanan ini pun banyak sekali orang Jepang yang menyukainya! Sushi ini adalah sebuah makanan yang cara penyajiannya khas makanan Jepang yang rapi, terdiri dari nasi yang diberi cairan cuka khusus dan dipadukan dengan bahan makanan lainnya seperti seafood, sayuran, daging dan buah-buahan.

2. Sashimi

sashimi

Selanjutnya ada makanan Jepang paling kental budayanya dan mencerminkan orang Jepang, Sashimi! Sashimi ini adalah makanan Jepang yang mungkin paling segar dan mentah, isinya adalah potongan-potongan daging ikan dan telur ikan yang masih mentah dan biasanya disantap oleh Orang Jepang dengan kuah Soyu. Orang Indonesia ternyata ada juga yang suka dan akhirnya banyak restoran di Indonesia yang menawarkan menu Sashimi.

Baca Juga :8 Rekomendasi Makanan Khas Filipina Yang Unik Dan Lezat

3. Soba

Soba

Doyan dengan mie? Di Jepang, banyak sekali variannya! Orang Jepang biasanya makan mie dengan bahan yang sangat natural seperti Soba ini. Arti kata Soba sendiri adalah gandum hitam. Makanan Jepang yang satu ini disajikan bersama dengan kuah khusus Soba dan juga tempura yang tentunya memaksimalkan pengalaman makan makanan Jepang seperti orang Jepang asli!

 

4. Takoyaki

takoyaki

Makananan Jepang tidak harus yang berat-berat kok! Ini dia Takoyaki, snack yang paling enak berasal dari kota Osaka Jepang di daerah prefektur Kansai. Rasanya yang selalu lezat saat disantap di malam hari karena selalu disajikan begitu selesai masak. Pasti mengundang selera para traveller dunia, termasuk orang Indonesia di negara Jepang!

Takoyaki ini adalah makanan Jepang ringan atau snack Jepang yang berbentuk bola yang dibuat dari tepung terigu gandum dan dipanggang di atas cetakan panggangan. Biasanya makanan Jepang yang satu ini berisi potongan gurita, tempura, acar jahe dan daun bawang.

5. Kakigori

takoyaki

Di negara Jepang, ada 4 musim dalam satu tahun. Salah satunya adalah musim panas dan minuman ini sangat cocok banget dikonsumsi saat musim panas. Nah, Kakigori adalah es krim serut yang dilumuri dengan sirup manis atau seringkali dengan susu kental manis yang lezat. Tentu saja es serut ini membuat minuman Jepang yang satu ini diminati oleh banyak orang Indonesia terutama anak muda yang ingin sekali mencoba dessert yang berbeda.

 

8-Rekomendasi-Makanan-Khas-Filipina-Yang-Unik-Dan-Lezat

8 Rekomendasi Makanan Khas Filipina Yang Unik Dan Lezat

makananluarnegri – Menjadi salah satu Negara yang memiliki banyak tempat wisata pulau memukau membuat Filipina banyak diminati wisatawan. Ada banyak tempat wisata yang dinobatkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Namun, yang menarik bukan hanya tempat wisata saja loh! Karena kuliner Filipina juga terkenal unik dan lezat. Mau tau kah apa saja kuliner khas yang wajib Anda coba saat liburan di sana? Yuk simak artikel berikut !

Chicken Adobo

Chicken-Adobo

Saking enaknya chicken adobo, makanan ini tidak pernah lupa disebut sama warga Filipina kalau ditanya makanan rekomendasi mereka. Sama seperti masakan lainnya, chicken adobo bisa berbeda resep dan isinya, tergantung siapa yang masak dan selera orang yang menyantapnya. Tapi pada dasarnya chicken adobo terbuat dari ayam (bisa juga daging babi atau seafood) yang dimasak dengan kecap, cuka dan bawang putih. Biasanya paling enak dimakan dengan nasi putih panas-panas.

Buko Pie

Buko-Pie

Buko dalam Bahasa Tagalog artinya adalah kelapa. Dengan kata lain, buko pie adalah pie yang berbahan dasar dari buah kelapa. Camilan ini merupakan snack wajib masyarakat Filipina. Meskipun buko pie yang paling populer terdapat di Cebu, makanan ini bisa dengan mudah Anda temui di seluruh penjuru Filipina. Rasanya yang gurih dan manis sangat nikmat disantap pada saat hangat agar pie crust nya lebih terasa renyah.

Halo Halo

Halo-Halo

Di Indonesia, mungkin ini disebut dengan es campur, tetapi racikan dan komposisi makanan penutup ala Filipina ini lebih bervariasi. Halo-halo merupakan minuman es yang menggunakan buah nangka, kelapa, buah palm, pisang, ice cream, ubi ungu manis, nata de coco, ketan, jagung, sago dan juga susu. Es ini sangat segar diminum pada saat Anda menikmati indahnya pantai Filipina.

Lechon Babi

Lechon-Babi

Lechon atau babi panggang merupakan makanan yang harus disajikan dalam setiap kali perayaan di Filipina. Seperti acara ulang tahun, Natal, fiesta, dan pernikahan. Karena merupakan makanan yang sangat pokok, pada kesempatan tersebut akan terasa tidak lengkap tanpa kehadiran babi panggang. Di Filipina ini sendiri, makanan ini sangat mudah dijumpai. Dengan kulit renyah dan lembut, daging yang lebut hidangan ini benar-benar menggugah selera.

Baca Juga :5 Olahan Nasi Khas Thailand yang Dijamin Lezat

Beef Caldereta

Beef-Caldereta

Ini tentunya makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke negeri “Paman Marcos”. Beef Caldereta merupakan hidangan yang terbuat dari tomat, cuka pasta dan merica. Kentang dan wortel juga dapat ditambahkan untuk membuat hidangan lebih bergizi. Untuk pilihan dagingnya, sama seperti Adobo, Anda juga bisa merubahnya sesuai keinginan.

Kwek-Kwek

Kwek-Kwek

Kwek-kwek biasanya adalah jajanan yang sering dibeli oleh anak-anak sekolah. Penjual biasanya hanya menggunakan gerobak kaki lima lalu mulai berjualan di sore hari. Siapapun sebenarnya, dari kalangan apapun, bisa menikmatinya. Harga yang murah membuat jajanan ini sebagai salah satu yang wajib untuk Anda coba. Makanan ini terbuat dari telur bebek yang direbus, kemudian dibalut tepung berwarna oranye dan digoreng hingga renyah. Versi lain dari makanan ini adalah tokneneng. Cara membuatnya sama dengan kwek-kwek, hanya saja terbuat dari telur ayam.

Chicken Inasal

Chicken-Inasal

Makanan ini bisa ditemukan di hampir seluruh penjuru Metro Manila. Bisa disebut juga dengan ayam panggang atau bakar, tapi ini bukan sekedar ayam bakar biasa. Daging ayam direndam dalam campuran serai, calamansi, garam, merica dan bawang putih, lalu diolesi dengan minyak achiete. Kemudian hidangan ini disajikan dengan minyak jeruk dan nasi bawang putih hangat.

Bicol Express

Bicol-Express

Santapan khas Filipina ini sangat cocok untuk orang Indonesia karena pedasnya mampu menyaingi makanan dari Negara lain. Semakin panas semakin nikmat rasanya. Bicol express juga sangat mudah ditemukan di restoran keluarga maupun cepat saji. Makanan ini terdiri dari daging babi dan siling labuyo yang dimasak dengan santan.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai makanan khas Filipina yang wajib Anda coba. Kalian sudah pernah mencoba yang mana ?

5-Olahan-Nasi-Khas-Thailand-yang-Dijamin-Lezat

5 Olahan Nasi Khas Thailand yang Dijamin Lezat

makananluarnegri – Berikut merupakan ulasan 5 Olahan Nasi Khas Thailand yang Dijamin Lezat. Mari simak artikel dari kami.

Berlibur ke luar negeri rasanya belum lengkap, bila hanya mengunjungi destinasi wisata di sana tanpa mencicipi makanan khas negara tersebut.

Jika Korea terkenal dengan kimchi, Jepang dikenal dengan ramen, dan India dikenal dengan nasi biryani, Thailand pun memiliki sejumlah makanan khas yang beragam nan lezat. Seperti lima olahan nasi khas Thailand ini yang dijamin bikin lapar!

1. Khao op sapparot

Khao-op-sapparot

 

 

 

 

 

 

 

Jika nasi goreng biasanya disajikan di atas piring, nasi goreng khas Thailand yang satu ini disajikan di dalam buah nanas dilansir Taste Atlas. Khao op sapparot merupakan masakan nasi goreng nanas khas Thailand yang dilengkapi dengan ayam cincang, kacang mete, kismis, dan cabai. Perpaduan rasa asin, pedas, dan asam dari nanas dijamin akan membuatmu nagih!

2. Pad krapow

pad-krapow

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berlibur ke Thailand rasanya tak lengkap jika belum mencicipi ayam atau babi kemangi khas negeri gajah putih tersebut. Pad krapow merupakan hidangan yang terdiri atas nasi, telur mata sapi, dan daging ayam atau babi yang dimasak dengan kemangi dilansir The Culture Trip. Wah, jadi lapar, nih!

3. Khao kluk kapit

khaou-klluk-kapit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Khao kluk kapit merupakan salah satu jenis nasi goreng khas Thailand, yang dimasak menggunakan pasta udang. Rasa kuat dari udang akan berpadu dengan berbagai topping yang menghiasi nasi goreng ini, seperti mangga mentah, bawang, daging babi, sosis, dan juga telur, dilansir Thrillist. Pastinya sedap banget, nih!

Baca Juga : 6 Makanan Khas Musim Panas Jepang

4. Kai jeow

Kai-Jeow

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nikmat tapi sederhana, kai jeow adalah makanan khas Thailand yang terdiri atas nasi dan telur omelet. Bukan telur omelet biasa, kai jeow juga berisi daging babi goreng atau sosis babi asam di bagian dalamnya dilansir Thrillist.

Kerenyahan di bagian luar dan kelembutan isi telur omelet ini selalu berhasil memanjakan lidah siapa pun yang menyantapnya!

5. Khao mok gai

khao-mok-gai

 

 

 

 

 

 

 

 

Makanan yang satu ini, kerap disebut mirip dengan nasi biryani khas India. Khao mok gai adalah masakan yang terdiri atas nasi dan ayam goreng yang kaya rempah.

Nasi dan ayam yang terdapat dalam hidangan ini, telah dibumbui dengan bubuk kari, jinten, ketumbar, kunyit, hingga kayu manis. Khao mok gai pun selalu dilengkapi dengan tomat, timun, dan saus bernama nam jim yang terbuat dari jahe dan mint dilansir Taste Atlas. Pasti rasanya unik banget, ya!

 

Duh, jadi lapar, deh, melihat lima hidangan nasi khas Thailand di atas! Nasi khas Thailand manakah yang paling ingin kamu coba?

7 Makanan Khas Malaysia yang Sering Muncul di Serial Upin-Ipin

makananluarnegri – Berikut merupakan artikel mengenai 7 Makanan Khas Malaysia yang Sering Muncul di Serial Upin-Ipin. Penasaran?, Ayo simak artikel dari kami…

Mungkin hampir dari kalian semua tau apa itu Upin-ipin. Film ini merupakan serial animasi dari Malaysia dan dari film tersebut berisi edukasi tentang hal-hal positif untuk anak-anak,
Tidak hanya soal dasar edukasi saja, Upin-Ipin juga menampilkan makanan-makanan khas Negeri Jiran. Seperti contoh dibawah ini

Siapa sih yang gak tahu Upin-Ipin? Serial kartun asal Malaysia ini hits banget sampai sekarang. Serialnya menjadi pilihan utama tontonan anak-anak karena berisi edukasi yang positif.

Gak cuma soal edukasi dasar untuk anak-anak, Upin-Ipin juga kerap mengenalkan makanan-makanan khas Negeri Jiran. Seperti di bawah ini contohnya.

1. Ayam golek (ayam goreng)

ayam-golek

 

 

 

 

 

 

 

Ayam golek alias ayam goreng menjadi makanan favorit Upin dan Ipin. Kalau Kak Ros sudah masak ayam golek, si kembar pasti langsung semangat. Kamu bisa menemukannya di outlet-outlet street food Malaysia dengan mudah. Harganya pun murah meriah.

2. Nasi lemak

nasi-lemak-malaysia

 

 

 

 

 

 

 

Nasi lemak juga sering muncul nih di Upin-Ipin, yang dijul oleh Uncle Muhtu. Nasi lemak merupakan salah satu makanan nasional rakyat Malaysia. Rasanya hampir mirip dengan nasi uduk, karena sama-sama dimasak pakai santan. Gurih!

3. Ais ABC

ais-abc

 

 

 

 

 

 

 

 

Kamu pasti tahu minuman kesukaan Upin-Ipin ini. Namanya Ais ABC atau yang biasa juga disebut dengan ais kacang. Ais ABC punya kepanjangan Air Batu Campur. Terdiri dari es serut yang diberi gula merah, sirup, kacang, dan kental manis. Ada juga tambahan topping yang bermacam-macam, mulai dari cendol, kacang merah, jelly, dan lain-lain. Cocok banget dinikmati ketika kamu kelar menjelajahi Malaysia. Adem!

4. Mee goreng

mee-goreng-malaysia

 

 

 

 

 

 

 

Selain nasi lemak, Uncle Muhtu juga menjual mee goreng sebagai menu andalannya.  Hampir mirip dengan mie goreng tektek di Indonesia, rasanya pun bikin kita ketagihan.

Baca Juga : Kuliner Sedap Dan Menggoda Khas Lhokseumawe

5. Tumis sayur

tumis-sayur-malaysia.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

Anak kecil seringkali gak doyan sayur dan menghindarinya. Di serial Upin-Ipin, Kak Ros dan neneknya selalu membiasakan sayuran sebagai menu makanan mereka.

Selain bagus untuk perkembangan otak, sayur juga membuat tubuh lebih sehat. Si kembar suka nih, masak kamu gak?

6. Sushi

sushi-malaysia

 

 

 

 

 

 

 

Ketika salah satu teman Kak Ros datang dari Jepang, dia sempat memasak sushi sendiri. Meski bukan makanan asli Malaysia, olahan khas Negeri Sakura ini bikin ngiler. Gak heran kalau makanan ini jadi populer di seluruh dunia.

7. Es krim

es-krim-malaysia

 

 

 

 

 

 

Di salah satu episode, Upin-Ipin terlihat menikmati es krim buah yang segar. Tapi sepertinya gak cuma Upin-Ipin nih yang doyan, kamu juga pasti suka, kan?

Itulah beberapa makanan yang kerap muncul di serial kartun Upin-Ipin. Dari tujuh makanan di atas, mana yang paling kamu suka?

Resep Turkish Delight

Resep Turkish Delight

makananluarnegri.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Permen Khas Dari Turki Dengan Rasa Dan tekstur yang berasal dan cocok untuk lidah Turki. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Resep Turkish Delight.

Bahan-bahan:

    • 500 gram gula pasir
    • 1 liter air
    • 2 sdt perasan air jeruk
    • 200 gram tepung maizena
    • 1 sdt cream of tartar
    • 1 sdt esens mawar atau rosewater
    • pewarna makanan secukupnya
    • gula bubuk untuk pelapis
    • Alat tambahan: termometer masak (suhu di atas 100oC)

Baca Juga :Resep Borek Khas Turki

Cara Membuat:

    1. Siapkan cetakan 22 x 22 cm, lapisi dengan aluminium foil agar mudah mengangkatnya.
    2. Campurkan gula, 350 ml air dan perasan air jeruk di dalam panci, kemudian didihkan sambil diaduk sesekali. Gunakan kuas masak untuk mencegah gula mengkristal di pinggir panci. Ketika mendidih, ukur suhunya dengan termometer masak.
    3. Terus didihkan hingga mencapai suhu sekitar 115 derajat Celcius.
    4. Sementara itu, gabungkan tepung maizena, cream of tartar dan sisa 650 ml air di panci yang lain.
    5. Aduk-aduk dengan pengocok telur untuk menghindari gumpalan. Panaskan dengan api medium sambil terus diaduk hingga sangat kental.
    6. Saat campuran gula sudah mencapai suhu 115 derajat Celcius, angkat dari kompor. Sedikit demi sedikit tuangkan ke dalam adonan tepung maizena sambil terus diaduk.
    7. Didihkan kembali sambil terus diaduk selama kurang lebih 1 jam. Adonan akan sangat kental dan menjadi berwarna pucat. Setelah sekitar 1 jam, angkat dari kompor dan masukkan esens mawar.
    8. Tuang adonan ke dalam cetakan dan biarkan dingin selama semalaman di suhu ruang (bukan di kulkas). Ketika sudah dingin, taburi dengan gula bubuk agar tidak lengket. Kemudian potong-potong sesuai selera. Gulingkan lagi di gula bubuk atau tepung maizena agar tidak lengket selama disimpan..
    9. Permen Turkish Delight siap disantap
Mie Instan Asal Luar Negeri Yang Harus Dicoba

Mie Instan Asal Luar Negeri Yang Harus Dicoba

Makananluarnegri.web.id – Mi instan, bagi warga Asia makanan ini bukanlah barang mewah. Justru makanan praktis yang menyelamatkan perut keroncongan di saat darurat. Hanya perlu satu wadah dan air panas, beberapa menit kemudian mi siap disantap.

Indonesia boleh berbangga karena ada beberapa merek mi instan yang terjamin rasa enaknya, bahkan beberapa sudah mendunia dan selalu jadi favorit warga Indonesia yang tinggal di luar negeri. Namun, kalau terpaksa tak bisa menemukannya, ada beberapa merek mi instan asal negara lain yang wajib kamu coba.

1. Nissin, Jepang
Kalau di Indonesia, merek ini justru identik dengan makanan ringan. Di beberapa negara tetangga, Nissin dikenal sebagai salah satu mi instan terenak asal Jepang yang hadir dalam beberapa varian rasa. Mereka juga sudah dilengkapi dengan sertifikat halal, jadi aman untuk para pelancong muslim yang butuh mi instan murah.

2. Mama, Thailand
Di Thailand, ada satu merek mi instan yang cukup populer. Mama namanya. Mama juga hadir dalam varian rasa yang Thailand banget. Meski namanya ramen, mereka tetap memberikan sentuhan bumbu khas Thailand. Namun, tetap teliti dan perhatikan dulu komposisinya sebelum membeli, sebab Mama juga menyediakan beberapa varian rasa yang mengandung daging babi.

3. Maggi, India
Biasanya merek ini dikenal di sini sebagai penyedap rasa dan kaldu instan, padahal Maggi juga punya banyak produk makanan instan lainnya. Merek asal India ini punya banyak varian mi instan, bahkan kentang tumbuk instan yang juga didistribusikan ke beberapa negara Eropa.

Baca Juga : Makanan Berkuah Pedas dari Berbagai Negara

4. Cup Noodles, Jepang
Cup Noodles adalah salah satu merek mi instan terkenal asal Jepang yang logonya legendaris banget. Apalagi namanya langsung mengarah ke mi instan gelasan, tak perlu nama macam-macam. Cup Noodles didistribusikan ke beberapa negara lain seperti Singapura dan Hong Kong, sehingga banyak rasa fusion yang menggoda selera seperti rasa ‘black pepper crab’.

5. Nongshim, Korea Selatan
Mie instan asal Korea ini merupakan salah satu produk yang menyediakan ramen instan terenak di dunia. Rasanya sangat kuat dengan varian bumbu dan tingkat rasa pedas yang bisa dipilih sesuai selera.

6. Prima Taste, Singapura
Sebagai salah satu produk asal Singapura, Prima Taste punya varian mi dengan rasa laksa yang autentik dan direkomendasikan banyak traveler. Rasa santan di kuahnya bahkan sangat terasa membuatmu benar-benar seperti makan laksa asli.

Makanan Berkuah Pedas dari Berbagai Negara

Makanan Berkuah Pedas dari Berbagai Negara

Makananluarnegri.web.id – Makanan pedas menjadi trend baru di era kuliner saat ini, mengingat banyaknya peminat yang gemar dengan cita rasa pedas nan nikmat yang disantap dengan kuah menggoda. Berbagai negara memiliki makanan berkuah yang khas akan rasa pedasnya. Pastinya dijamin bikin lidah panas! Penasaran apa saja makanan berkuah pedas dari berbagai negara? Yuk langsung aja kita bahas mengenai beberapa makanan berkuah pedas dari berbagai negara yang akan membuat kalian ketagihan mencicipinya :

1. Jjampong, Korea Selatan
Makanan berkuah pedas yang pertama datang dari Negeri Gingseng yang satu ini. Ciri utama dari jjampong ialah terletak pada bahan utama yaitu seafood.

Selain mie dan sayuran seperti wortel atau jamur, penggunaan kuah pedas nan merah yang menggugah lidah juga sukses bikin ketagihan siapapun yang mencoba makanan pedas dan unik ini. Siap mencoba?

2. Pozole, Mexico
Untuk kamu pecinta makanan berkuah pedas, belum lengkap apabila belum mencoba semangkuk Pozole khas Mexico yang terkenal akan rasanya yang super pedas menggelora.

Pozole merupakan sup tradisional yang terbuat dari campuran daging, pada umumnya menggunakan daging babi yang kemudian diberikan berbagai macam bumbu seperti kubis, bubuk cabai, perasan jeruk limau, bawang putih, dan bawang merah.

Dijamin bikin lidah gak bisa berhenti!

3. TomYam, Thailand
Negeri Gajah Putih juga memiliki makanan berkuah pedas yang cukup terkenal di masyarakat Asia, yaitu Tomyam. Sup bercita rasa pedas dengancampuran aneka ragam seafood di dalamnya sukses bikin pecinta pedas akan ketagihan mencobanya.

Meski memang biasa disajikan dengan rasa yang pedas, namun semua itu dapat disesuaikan dengan selera pedas bagi masing-masing orang. Nikmat ya!

Baca Juga : Makanan Barat Yang Mirip Dengan Kuliner Indonesia

4. Mapo Tofu, China
Makanan berkuah pedas yang satu ini datang dari negeri Tirai Bambu. Bahan dasar utamanya sudah pasti terbuat dari tofu atau tahu yang dicampur dengan daging potong dan ditambahkan beberapa macam rempah khas seperti bawang putih yang dicincang halus, daun bawang, kecap manis, saus tomat, dan tepung maizena agar konsistensi yang dihasilkan sedikit agak kental. Enak dan lembut di lidah!

5. Seblak, Indonesia
Makanan khas Jawa Barat ini sudah terkenal seantero negeri sebagai makanan yang identik dengan rasa pedas. Olahan khas Sunda yang terbuat dari kerupuk basah ini dicampur dengan kwetiaw, sayur sawi, atau bahkan daging ayam dan ceker yang kemudian ditambahkan bumbu khas seperti bawang merah,bawang putih, kunyit, cabe rawit, garam,penyedap rasa.

Rasa yang dihasilkan tentu saja pedas dan gurih yang bersatu membentuk rasa yang luar biasa di lidah. Enak banget kan?

Makanan Barat Yang Mirip Dengan Kuliner Indonesia

Makanan Barat Yang Mirip Dengan Kuliner Indonesia

Makananluarnegri.web.id – Tiap negara punya makanan berbeda, entah itu bahan hingga cara pengolahan. Apalagi negara Indonesia yang ada di Asia dan negara-negara yang ada di benua Amerika dan Eropa. Bisa dikatakan makanan Asia dan Barat itu berbeda sekali. Jika di Indonesia kita terbiasa makan nasi maka di barat roti atau kentang. Tapi sebenarnya ada beberapa makanan yang mempunyai penampakan dan kualitas yang mirip dengan makanan barat, Berikut Beberapa makanan barat yang mirip kuliner Indonesia :

1. Chicken wings BBQ dan sayap ayam bumbu kecap.
Jika di barat punya chicken wings BBQ, maka di Indonesia kamu bisa menemukan sayap ayam yang dibumbu kecap. Tekstur ayamnya sama dengan cita rasa yang serupa. Sama-sama manis, gurih, dan enak! Nyam!

2. Risotto dan bubur ayam.
Risotto yang berasal dari Italia ini ternyata punya saudara kembarnya di Indonesia, yaitu bubur ayam. Kedua kuliner ini sama-sama berbahan baku beras. Selain itu, keduanya juga diolah dengan berbagai sayuran dan juga daging. Kedua makanan ini juga sama-sama bertekstur agak lembek.

3. Gelato dan es puter.
Gak usah jauh-jauh ke Italia kalau mau mencicipi gelato. Indonesia sendiri punya gelato tradisional, yaitu es puter. Kedua jajanan ini sama-sama bertekstur lembut. Bedanya, jika gelato berbahan baku susu maka es puter berbahan baku santan kelapa. Kamu lebih suka yang mana?

4. Steak dan rendang.
Sama-sama berbahan baku daging sapi dan berbumbu, steak dan rendang memang pantas disandingkan. Bedanya jika steak diolah dengan cara dibakar dan dibumbui garam serta saus BBQ, maka rendang kaya akan rempah dengan cara pengolahan dimasak dalam jangka waktu yang sangat lama. Mana yang lebih kamu suka?

5. Meatballs dan bakso.
Kedua sajian ini memang nampak serupa. Meatballs di Amerika dan Eropa terbuat dari tepung roti, susu, daging sapi, serta bahan lainnya. Sedangkan bakso terbuat dari tepung kanji dan daging (sapi, ayam, atau ikan). Meatballs biasa dikonsumsi dengan spaghetti atau nasi, di Indonesia bakso biasa disajikan dengan kuah dan mi bihun atau mi kuning.

6. Pancake dan martabak manis.
Pancake dan martabak manis memang memiliki kemiripan. Pasalnya bahan dasar untuk membuat makanan ini hampir sama. Contohnya saja seperti tepung terigu, telur, susu, garam, dan baking soda. Hanya saja bentuk dari makanan ini agak berbeda dengan topping yang juga tak sama. Jika biasanya pancake itu polosan dan disajikan dengan sirup maple, maka martabak manis berisi meises, keju, atau kacang.

Baca Juga : Beberapa Fakta Menarik Seputar Taco

7. Spaghetti dan mi Jawa.
Italia punya spaghetti, maka Indonesia punya mi goreng. Kedua kuliner yang berbahan dasar mi ini hampir mirip penampakannya, namun soal rasa agak berbeda. Pasalnya, spaghetti dibumbui dengan bolognaise yang didominasi rasa tomat, sedangkan mi Jawa didominasi rasa manis dari kecap.

8. Salad buah dan rujak.
Salad buah dan rujak bisa dikatakan kuliner kembar. Bedanya, jika salad buah didominasi buah berries maka rujak lebih cenderung diisi oleh varian buah tropis. Selain itu, salad buah biasanya menggunakan mayonaise dan rujak ditemani oleh sambal kacang. Hmm. . . enak!

9. Salad sayur dan gado-gado.
Nah, selain salad buah, Indonesia juga punya salad sayur dengan nama gado-gado. Salad sayur diisi dengan ragam sayuran hijau seperti daun selada, bawang bombai tomat, daun kale, dan banyak sayuran lainnya. Sedangkan gado-gado memiliki kacang panjang, daun selada, taoge, kangkung, timun, telur, tahu, dan tempe serta disiram oleh sambal kacang. Kamu lebih suka mana?

10. Smoothies bowl dan sup buah
Smoothies bowl biasanya diisi dengan buah berries kemudian berkuah jus buah naga atau buah lainnya. Sedangkan, di Indonesia kita punya sup buah. Sup buah berkomposisi buah segar dan berair seperti semangka, melon, pepaya, dan buah naga. Sedangkan kuah dari sup buah adalah susu. Sama-sama menyegarkan kan?

1 2