Baklava (TURKI)

Baklava (TURKI)

makananluarnegri.web.id – Baklava (TURKI), adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kerajaan Ottoman.

Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis.

Baklava sendiri sudah sangat lama didokumentasikan. Salah satu bukti tertua ialah resep baklava di dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Dalam buku resep ini baklava disebut güllach.

Roti manis yang satu ini memanglah tak bisa dilewatkan saat Anda tengah berada di Turki. Baklava merupakan roti lapis berisi kacang yang dihidangkan bersama madu atau sirup. Baklava sangat mirip dengan bolen pisang yang ada di Indonesia. Roti yang satu ini juga mudah ditemukan di toko-toko kue yang ada di Turki.

Baca juga : Xiao Long Bao (Shanghai)

Bahan-bahan

  • 30-40 lembar kulir pastri (phyllo pastry)
  • 200 gr kacang walnut, cincang
  • 125 gr mentega
  • 100 ml minyak goreng
  • Sirup gula
  • 300 gr gula pasir
  • 300 ml air
  • 1 sdm air lemon

Mulai Masak

  1. Sirup gula: masak air dan gula sambil sesekali diaduk agar gula larut. Setelah mendidih, lanjutkan memasak kira-kira 5 menit. Tuang air lemon. Dinginkan.
  2. Siapkan kacang walnut. Bentuknya seperti ini.
  3. Cincang kacang walnut. Jangan terlalu halus ya, biar ada teksturnya.
  4. Lelehkan mentega bersama minyak goreng. Dinginkan.
  5. Siapkan phyllo pastry.
  6. Jika perlu, potong sesuai dengan ukuran loyang yang digunakan.
  7. Olesi loyang dengan mentega. Taruh 1 lembar kulit pastry di atasnya. Taruh lagi 2 lembar kulit pastry. Olesi permukaan kulit pastry dengan mentega cair tadi. Taruh 3 lembar kulit pastry lg, olesi mentega lagi. Jadi TIDAK tiap lembar kulit diolesi ya. Setiap 3 lembar, baru olesi dengan mentega. Taruh kulit pastrynya satu persatu ya, tidak 3 lembar sekaligus.
  8. Kira-kira setengah kulit pastry tertata di loyang, tuang kacang walnut yang sudah dicincang. Sebenarnya ini bisa sesuai selera. Tapi jangan terlalu tebal juga ya.
  9. Setelah diberi kacang, tutup dengan kulit pastry lg. Caranya sama dengan bagian bawahnya. Tiap 3 lembar, diolesi mentega. Tapi, kira-kira 5 lembar terakhir (paling atas) olesi tiap lembarnya dengan mentega cair.
  10. Setelah selesai, potong-potong dengan pisau tajam. Bentuk dan ukurannya terserah, biasanya persegi panjang atau diamond. Ukuran panjang kira-kira 3-4 cm. Memotong tumpukan kulit pastry ini lumayan susah, karena tebalnya. Gunakan pisau yang tajam ya.
  11. Oleskan sisa mentega cair. Beri juga di sela-sela potongannya.
  12. Panggang di oven yang sudah dipanaskan 200°C selama kira-kira 30 menit atau sampai warnanya kuning kecoklatan.
  13. Kira-kira 5 menit setelah keluar dari oven, siram baklava dengan sirup gula yang sudah dingin. Siram secara merata. Tunggu dingin, baru disajikan.

Related posts