Makanan Khas Negi Ginseng yang Mendunia

Makanan Khas Negi Ginseng yang Mendunia

Makanan Khas Negi Ginseng yang Mendunia – Negri ginseng merupakan sebutan untuk negara korea, negara ini terkenal dengan banyak hal mulai dari paras masyarakatnya, wisata alamnya, hingga makanan khas negri ginseng ini.

1. Kimchi

kimchi

Kamu tentu tidak asing lagi dengan makanan khas Korea yang satu ini.

Kimchi sendiri terbuat dari sawi putih atau lobak yang difermentasikan dan kemudian diberi bumbu khas Korea.

Uniknya, ternyata ada 187 jenis kimchi loh yang tersebar di Korea Selatan. Paling terkenal adalah kimchi lobak dan sawi putih.

Bagi masyarakat Korea, kimchi termasuk makanan pendamping wajib saat makan pagi, siang, dan malam.

Dibuat tanpa bahan pengawet, kimchi bisa tahan lama hingga tiga tahun. Dengan catatan, harus disimpan di kulkas ya.

Selain itu, kimchi juga dijuluki sebagai salah satu makanan tersehat di dunia.

Ini karena kimchi mengandung probiotik dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Pokoknya, wajib dicoba deh!

2. Bibimbap

bibimbap

Bagi kebanyakan orang Korea, bibimbap wajib dihidangkan pada malam Tahun Baru Imlek.

Makanan khas Korea ini awalnya dikenal dengan ‘goldongban’ selama masa Dinasti Joseon, dan berganti nama menjadi Bibimbap abad ke-20.

Bibimbap atau nasi campur ini mencakup berbagai sayuran, daging, kimchi, telur mata sapi setengah matang, dan saus gochujang.

Di Korea Selatan sendiri, Bibimbap dapat ditemukan di wilayah Jeonju, Tongyeong, dan Jinju.

3. Bulgogi

bulgogi

Bulgogi adalah makanan khas Korea populer, berisi irisan daging tipis yang dipanggang dengan kecap, wijen, bawang, dan lada hitam.

Biasanya, ada variasi bulgogi, mulai dari daging babi (dwaeji-bulgogi), ayam (dak-bulgogi), dan sotong (ojingeo-bulgogi).

Dari berbagai sumber, Bulgogi ditetapkan sebagai makanan khas Korea sejak periode Goguryeo dari 37 Sebelum Masehi.

4. Kimbab/Gimbab

kimbab

Jika di Jepang ada sushi, maka Korea juga punya yaitu Kimbab atau Gimbab. Dari bentuknya, kimbab sekilas memang mirip dengan sushi.

Isi kimbab pun berupa sayuran, daging, ikan, telur, keju, acar, dan lainnya, yang dibungkus rumput laut kering atau sering disebut Kim.

Karena bahan-bahannya mudah dicari, nasi rumput laut ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

5. Tteokbokki

tteokbokki

Tteokbokki merupakan kue beras pedas yang terbuat dari tepung beras dan dimasak dengan bumbu gochujang.

Kue tepung beras ini bisa disajikan bersamaan dengan ramen atau lembaran Odeng dan keju.

Untuk menambah kenikmatan, biasanya Tteokbokki ditambah dengan telur rebus atau pun lembaran fish cake.

Baca Juga: 6 Makanan Asli Khas Asia Tenggara Berbahan Santan

6. Samgyetang

Samgyetang

Sup tradisional khas Korea ini terbuat dari ayam, bawang putih, nasi, daun bawang, jujube Korea, ginseng, dan rempah lainnya.

Umumnya, Samgyetang dihidangkan masyarakat Korea selama musim panas agar tubuh berkeringat dan menambah stamina.

Selain rasanya creamy dan kenyal, Samgyetang ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi loh, guys.

7. Jajangmyeon

jjangmyeon

Makanan khas Korea Selatan berikutnya yang tak kalah lezat yaitu Jajangmyeon. Kalau di Indonesia, makanan ini mirip dengan mi ayam.

Di Korea sendiri, makanan ini biasa disajikan dengan saus pasta kacang hitam asin.

Pertama kali, Jajangmyeon muncul pada tahun 1905, dibawa oleh imigran China yang membuka restoran di kawasan Incheon.

6-Makanan-Asli-Khas-Asia-Tenggara-Berbahan-Santan

6 Makanan Asli Khas Asia Tenggara Berbahan Santan

makananluarnegri – Rendang, salah satu masakan dengan menggunakan santan yang cukup terkenal di Asia Tenggara bahkan dunia. Rasa gurihnya yang meresap ke setiap lapisan daging, membuat siapa saja tergoda untuk menikmatinya.

Gak cuma rendang, ada banyak masakan khas Asia Tenggara yang menggunakan santan dan memiliki rasa yang sedap sekali untuk disantap. Mau tahu apa saja? Icip-icip, yuk!

1. Soto Tangkar

Betawi punya nih! Jika soto Betawi lebih cenderung menggunakan jeroan sapi, lain hal dengan soto tangkar yang umumnya menggunakan iga sapi. Sama-sama berkuah santan, baik soto Betawi ataupun soto tangkar punya rasa yang begitu nikmat ketika suapan pertama mendarat di lidah. Menikmati soto tangkar asyik banget jika ditambahkan emping ke dalammya. Bikin nafsu makan jadi meningkat!

2. Kaeng khiao wan

Di Thailand, kaeng khiao wan disebut pula sayur hijau. Biasanya disantap dengan menggunakan roti goreng, kaeng khiao wan memiliki isian berupa daging sapi, ayam atau ikan.

Memiliki rasa sedikit pedas, kaeng khiao wan mendapatkan warna hijaunya dari pasta sereh, cabai hijau, dan jeruk purut. Berjuta rasa di dalamnya, banyak yang mengatakan jika kaeng khiao wan adalah kari tradisional yang paling pedas di Thailand.

3. Laksa

Masakan berdarah Tionghoa yang menggunkan santan ini, memang terkenal di berbagai negara kawasan Asia Tenggara. Laksa sendiri memiliki berbagai jenis, seperti contoh laksa Katong, laksa Betawi, laksa lemak, dan masih banyak lainnya.

Dikemas sebagaimana rupanya, laksa identik berkuah santan dan memiliki campuran mi. Isian laksa pun beragam, mulai dari udang, telur rebus, dan sayuran. Semangkok laksa bisa mengobati rasa lapar, yang bikin kenyang lama.

4. Ginataang Kalabasa

Potongan kacang panjang, labu, daun kelor, dan udang, isian dari ginataang kalabasa. Masakan bersantan asal Filipina ini dimasak dengan menggunakan bagoong, bumbu fermentasi ikan, krill, dan garam.

Bertekstur kental, ginataang kalabasa sering dipilih oleh masyarakat Filipina sebagai menu lauk sehari-hari. Gurihnya masakan ini bikin penikmatnya nambah berulang kali.

Baca Juga :5 Rekomendasi Makanan Jepang Yang Sangatr Maknyus Di Santap

5. Ohn no khao swe

Sekilas mirip dengan mi celor, ohn no khao swe adalah hidangan mi khas Burma berkuah santan. Masakan yang memiliki rasa pedas berasal dari bubuk cabai ini, berbahan utama mi gandum dan daging ayam.

Ohn no khao swe dilengkapi pula dengan isian lainnya seperti kacang goreng, irisan bawang, telur rebus, dan tak lupa dikucurkan dengan perasan jeruk nipis pada saat disajikan. Mi nan gurih ini nikmat banget disantap pada saat cuaca sedang dingin.

6. Nasi Lemak

Gak cuma laksa! Nasi lemak juga terkenal di berbagai negara kawasan Asia Tenggara seperti Singapore, Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Bersaudara dengan nasi uduk, nasi lemak yang dimasak dengan menggunakan santan umumnya dilengkapi dengan pendamping terbaiknya berupa daging ayam, potongan telur rebus, sambal, irisan timur, kacang, dan ikan teri. Nasi lemak adalah pilihan menu makanan yang pas saat perut dilanda lapar.

 

5-Rekomendasi-Makanan-Jepang-Yang-Sangatr-Maknyus-Di-Santap

5 Rekomendasi Makanan Jepang Yang Sangatr Maknyus Di Santap

makananluarnegri – Apakah Anda pernah kepikiran tentang makanan ketika sedang berlibur di Jepang? Jika memang iya, makanan apa yang akan kalian pilih nantinya ketika sedang berliburan ke Jepang? Nah, kalau kalian uda sampai sana, kami hanya mengingati saja bahwa ada beberapa makanan di Jepang yang sayang untuk di lewatkan.

Makanan Jepang memang tidak ada duanya, banyak sekali orang Indonesia yang datang ke Jepang hanya untuk mencicipi lezatnya makanan Jepang dan rasa khas yang ada pada makanan negara Sakura ini.

Alasannya ya tentu karena dengan adanya aneka makanan di Jepang yang mempunyai kekhasan khusus terkait cara memasak dan penyajian makanan tersebut dengan rasa yang lezat serta juga enak di lidah.

Bila dibandingkan dengan negara lain, rasa dari makanan Jepang memang berbeda dari makanan negara lain karena makanan Jepang memiliki tekstur yang lebih lembut, rasa yang lebih original. Banyak sekali jenis makanan khas asal Jepang yang sudah dikenal luas oleh para pecinta kuliner dunia termasuk Indonesia.

Berikut ada 5 Makanan Jepang Yang Wajib Kamu Coba, seperti apa saja itu? Silahkan cek di bawah ini.

1. Sushi

Kalo makanan Jepang yang satu ini pasti sudah tahu nih, mungkin malah menjadi makanan Jepang paling favorit bagi sebagian orang Indonesia! Selain di Indonesia, negara Jepang yang merupakan asal dari makanan ini pun banyak sekali orang Jepang yang menyukainya! Sushi ini adalah sebuah makanan yang cara penyajiannya khas makanan Jepang yang rapi, terdiri dari nasi yang diberi cairan cuka khusus dan dipadukan dengan bahan makanan lainnya seperti seafood, sayuran, daging dan buah-buahan.

2. Sashimi

sashimi

Selanjutnya ada makanan Jepang paling kental budayanya dan mencerminkan orang Jepang, Sashimi! Sashimi ini adalah makanan Jepang yang mungkin paling segar dan mentah, isinya adalah potongan-potongan daging ikan dan telur ikan yang masih mentah dan biasanya disantap oleh Orang Jepang dengan kuah Soyu. Orang Indonesia ternyata ada juga yang suka dan akhirnya banyak restoran di Indonesia yang menawarkan menu Sashimi.

Baca Juga :8 Rekomendasi Makanan Khas Filipina Yang Unik Dan Lezat

3. Soba

Soba

Doyan dengan mie? Di Jepang, banyak sekali variannya! Orang Jepang biasanya makan mie dengan bahan yang sangat natural seperti Soba ini. Arti kata Soba sendiri adalah gandum hitam. Makanan Jepang yang satu ini disajikan bersama dengan kuah khusus Soba dan juga tempura yang tentunya memaksimalkan pengalaman makan makanan Jepang seperti orang Jepang asli!

 

4. Takoyaki

takoyaki

Makananan Jepang tidak harus yang berat-berat kok! Ini dia Takoyaki, snack yang paling enak berasal dari kota Osaka Jepang di daerah prefektur Kansai. Rasanya yang selalu lezat saat disantap di malam hari karena selalu disajikan begitu selesai masak. Pasti mengundang selera para traveller dunia, termasuk orang Indonesia di negara Jepang!

Takoyaki ini adalah makanan Jepang ringan atau snack Jepang yang berbentuk bola yang dibuat dari tepung terigu gandum dan dipanggang di atas cetakan panggangan. Biasanya makanan Jepang yang satu ini berisi potongan gurita, tempura, acar jahe dan daun bawang.

5. Kakigori

takoyaki

Di negara Jepang, ada 4 musim dalam satu tahun. Salah satunya adalah musim panas dan minuman ini sangat cocok banget dikonsumsi saat musim panas. Nah, Kakigori adalah es krim serut yang dilumuri dengan sirup manis atau seringkali dengan susu kental manis yang lezat. Tentu saja es serut ini membuat minuman Jepang yang satu ini diminati oleh banyak orang Indonesia terutama anak muda yang ingin sekali mencoba dessert yang berbeda.

 

8-Rekomendasi-Makanan-Khas-Filipina-Yang-Unik-Dan-Lezat

8 Rekomendasi Makanan Khas Filipina Yang Unik Dan Lezat

makananluarnegri – Menjadi salah satu Negara yang memiliki banyak tempat wisata pulau memukau membuat Filipina banyak diminati wisatawan. Ada banyak tempat wisata yang dinobatkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Namun, yang menarik bukan hanya tempat wisata saja loh! Karena kuliner Filipina juga terkenal unik dan lezat. Mau tau kah apa saja kuliner khas yang wajib Anda coba saat liburan di sana? Yuk simak artikel berikut !

Chicken Adobo

Chicken-Adobo

Saking enaknya chicken adobo, makanan ini tidak pernah lupa disebut sama warga Filipina kalau ditanya makanan rekomendasi mereka. Sama seperti masakan lainnya, chicken adobo bisa berbeda resep dan isinya, tergantung siapa yang masak dan selera orang yang menyantapnya. Tapi pada dasarnya chicken adobo terbuat dari ayam (bisa juga daging babi atau seafood) yang dimasak dengan kecap, cuka dan bawang putih. Biasanya paling enak dimakan dengan nasi putih panas-panas.

Buko Pie

Buko-Pie

Buko dalam Bahasa Tagalog artinya adalah kelapa. Dengan kata lain, buko pie adalah pie yang berbahan dasar dari buah kelapa. Camilan ini merupakan snack wajib masyarakat Filipina. Meskipun buko pie yang paling populer terdapat di Cebu, makanan ini bisa dengan mudah Anda temui di seluruh penjuru Filipina. Rasanya yang gurih dan manis sangat nikmat disantap pada saat hangat agar pie crust nya lebih terasa renyah.

Halo Halo

Halo-Halo

Di Indonesia, mungkin ini disebut dengan es campur, tetapi racikan dan komposisi makanan penutup ala Filipina ini lebih bervariasi. Halo-halo merupakan minuman es yang menggunakan buah nangka, kelapa, buah palm, pisang, ice cream, ubi ungu manis, nata de coco, ketan, jagung, sago dan juga susu. Es ini sangat segar diminum pada saat Anda menikmati indahnya pantai Filipina.

Lechon Babi

Lechon-Babi

Lechon atau babi panggang merupakan makanan yang harus disajikan dalam setiap kali perayaan di Filipina. Seperti acara ulang tahun, Natal, fiesta, dan pernikahan. Karena merupakan makanan yang sangat pokok, pada kesempatan tersebut akan terasa tidak lengkap tanpa kehadiran babi panggang. Di Filipina ini sendiri, makanan ini sangat mudah dijumpai. Dengan kulit renyah dan lembut, daging yang lebut hidangan ini benar-benar menggugah selera.

Baca Juga :5 Olahan Nasi Khas Thailand yang Dijamin Lezat

Beef Caldereta

Beef-Caldereta

Ini tentunya makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke negeri “Paman Marcos”. Beef Caldereta merupakan hidangan yang terbuat dari tomat, cuka pasta dan merica. Kentang dan wortel juga dapat ditambahkan untuk membuat hidangan lebih bergizi. Untuk pilihan dagingnya, sama seperti Adobo, Anda juga bisa merubahnya sesuai keinginan.

Kwek-Kwek

Kwek-Kwek

Kwek-kwek biasanya adalah jajanan yang sering dibeli oleh anak-anak sekolah. Penjual biasanya hanya menggunakan gerobak kaki lima lalu mulai berjualan di sore hari. Siapapun sebenarnya, dari kalangan apapun, bisa menikmatinya. Harga yang murah membuat jajanan ini sebagai salah satu yang wajib untuk Anda coba. Makanan ini terbuat dari telur bebek yang direbus, kemudian dibalut tepung berwarna oranye dan digoreng hingga renyah. Versi lain dari makanan ini adalah tokneneng. Cara membuatnya sama dengan kwek-kwek, hanya saja terbuat dari telur ayam.

Chicken Inasal

Chicken-Inasal

Makanan ini bisa ditemukan di hampir seluruh penjuru Metro Manila. Bisa disebut juga dengan ayam panggang atau bakar, tapi ini bukan sekedar ayam bakar biasa. Daging ayam direndam dalam campuran serai, calamansi, garam, merica dan bawang putih, lalu diolesi dengan minyak achiete. Kemudian hidangan ini disajikan dengan minyak jeruk dan nasi bawang putih hangat.

Bicol Express

Bicol-Express

Santapan khas Filipina ini sangat cocok untuk orang Indonesia karena pedasnya mampu menyaingi makanan dari Negara lain. Semakin panas semakin nikmat rasanya. Bicol express juga sangat mudah ditemukan di restoran keluarga maupun cepat saji. Makanan ini terdiri dari daging babi dan siling labuyo yang dimasak dengan santan.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai makanan khas Filipina yang wajib Anda coba. Kalian sudah pernah mencoba yang mana ?