Rekomendasi Kuliner Unik Khas Laos

Rekomendasi Kuliner Unik Khas Laos

Makananluarnegri.web.id – Akhir-akhir ini banyak wisatawan yang mulai tertarik untuk liburan ke Laos. Hal itu karena banyaknya destinasi wisata yang bisa dikunjungi, seperti Pha That Luang (candi Budha berlapis emas terbesar di Vientiane), Wat Xieng Thong (candi yang dibangun oleh Raja Setthatirahth pada tahun 1559), Bolaven Plateau (pegunungan dengan air terjun yang indah) dan Sungai Mekong (sungai terpanjang di Asia Tenggara).

Laos terletak di antara Cina, Thailand, Vietnam, Myanmar, Kamboja dan Thailand. Oleh karena itu, beberapa masakan khas Laos dipengaruhi oleh citarasa dari negara-negara terdekatnya. Masyarakat Laos menyukai masakan dari sayuran dan bumbu segar. Selain itu, kamu akan banyak menemukan ketan sebagai pengganti nasi di Laos. Berikut adalah beberapa keunikan kuliner lezat khas Laos. Ada yang ingin kamu coba?

1. Larb
Larb adalah sejenis salad daging cincang. Daging yang digunakan bisa ayam, sapi, dan domba. Daging cincang akan dibumbui dengan kecap ikan, air jeruk nipis, jus ikan yang difermentasi (bumbu khas Laos), beras tumbuk dan rempah-rempah (bawang merah, bawang bombay, lada), kemudian ditumis dan ditambahkan irisan cabe. Larb biasa disajikan bersama dengan ketan dan sayuran segar.

2. Mok Pa
Cara memasak masakan yang satu ini mirip dengan pepes ikan di Indonesia, tapi berbeda bumbu. Untuk membuat Mok Pa dibutuhkan sereh, daun bawang, kecap ikan, terasi, cabe hijau/merah dan daun dill. Ikan yang telah dibumbui akan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus sampai matang. Mok Pa juga akan dihidangkan bersama ketan.

3. Khao Piak Sen
Khao Piak Sen mirip dengan Pho di Vietnam. Seporsi Khao Piak Sen terdiri dari mie beras, aneka seafood, kaldu sapi/ayam, bumbu rempah (bawang putih, lada dan sereh), air jeruk nipis, sayuran segar (daun ketumbar, kacang panjang, taoge, daun kemangi) dan cabe. Kamu juga bisa menambahkan jantung atau hati ayam dalam Khao Piak Sen lho!

4. Tam Mak Hoong
Hidangan segar yang satu ini mirip dengan salad pepaya di Thailand. Salad ini dibuat dari irisan pepaya muda, tomat, kacang tanah dan kacang panjang yang dibumbui dengan gula aren, jeruk nipis, saus ikan, cabe dan jus ikan yang difermentasi. Ciri khas rasa dari Tam Mak Hoong adalah manis, asam dan asin, mirip dengan asinan sayur Betawi di Indonesia.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Polandia

5. Nam Khao Tod
Sayuran segar masih digunakan dalam masakan yang satu ini. Nam Khao Tod adalah salad yang berisi nasi goreng, kacang tanah, parutan kelapa dan potongan sosis babi yang diberi bumbu saus ikan, air jeruk nipis, irisan cabe kering dan bumbu rempah lainnya. Nam Khao Tod akan dilengkapi dengan selada, daun ketumbar, daun mint dan daun bawang. Lengkap deh sayurannya!

Cara makannya, ambil selembar daun selada, taruh campuran nasi di atasnya, lipat, dan masukkan ke mulut. Seru kan! Salad unik ini biasa dijadikan makanan pembuka oleh penduduk Laos.

6. Ping Gai
Ayam panggang ini cukup populer di masyarakat Laos. Proses memasaknya juga mudah. Ayam dibelah dan direndam dalam bumbu (saus ikan, lada, bawang putih, bawang merah, kunyit, sereh, lengkuas, daun ketumbar, cabe, jahe, kecap manis, gula aren dan cuka) selama beberapa waktu, kemudian dipanggang sampai matang. Ping Gai biasanya disajikan bersama ketan dan Tam Mak Hoong (salad pepaya). Mantap banget perpaduan rasa dari ketiga masakan itu!

7. Khao Jee
Vietnam punya Banh Mi, Laos punya Khao Jee. Khao Jee adalah sandwich ala Laos yang terdiri dari roti Perancis, irisan tomat, keju, irisan ham dan daging babi, wortel, selada dan disiram dengan saus bawang putih dan cabe. Rotinya terbuat dari tepung beras, jadi bebas gluten lho! Cukup sehat kan!

Tidak sulit untuk menemukan Khao Jee karena hampir semua pedagang kaki lima di jalan-jalan menjual sandwich unik ini. Begitu pula restoran yang menyediakan makanan khas Laos. Biasanya, Khao Jee akan dipotong menjadi dua sebelum disajikan dan sangat cocok dinikmati bersama dengan kopi pahit.

Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Polandia

Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Polandia

Makananluarnegri.web.id – Saat liburan ke luar negeri, berburu kuliner khas tempat tujuan tentu menjadi hal yang wajib masuk dalam daftar incaran. Apalagi, setiap negara pasti memiliki masakan dengan cita rasa dan keunikannya masing-masing yang seringkali belum pernah kita jumpai sebelumnya. Masalahnya, masakan yang terasa asing seringkali juga terasa tidak cocok dengan lidah kita.

Tapi bila berbicara mengenai masakan khas negara Polandia, perbedaan jenis makanan sepertinya tak akan terlalu terasa deh. Karena rupanya, negara tersebut memiliki beberapa jenis masakan yang jika dilihat-lihat cukup mirip dengan masakan yang biasa kita temukan di Asia lho! Apa saja? Yuk, simak informasi mengenai rekomendasi wisata kuliner khas polandia :

1. Pierogi
Pierogi adalah pangsit khas Polandia yang proses pembuatannya tak jauh beda dengan pangsit di kawasan Asia. Dengan berbahan adonan tepung yang digiling tipis, pierogi kemudian diisi dengan isian yang cukup variatif di antaranya daging, sauerkraut (kubis fermentasi), hingga keju dan jamur. Terdapat pula versi manis dari dumpling satu ini yakni dengan menjadikan buah-buahan seperti strawberry dan blueberry sebagai isian.

Meski merupakan makanan klasik Polandia, tetapi pierogi memiliki popularitas yang cukup tinggi di berbagai negara lainnya di Eropa. Sementara saat natal di Polandia, makanan ini adalah santapan yang selalu dapat ditemukan dalam menu hidangan.

2. Gołąbki
Ada juga Gołąbki atau kubis gulung yang pasti langsung mengingatkan kita dengan siomay kubis. Makanan sayur ini adalah menu favorit banyak masyarakat Polandia lho. Isian di dalamnya merupakan bahan yang telah di tumis menjadi satu yakni daging giling, bawang bombay cincang, jamur dan nasi. Sementara dalam penyajiannya, krim saus tomat biasanya menjadi andalan untuk menambah kelezatan masakan satu ini.

3. Kotlet schabowy
Sementara kotlet schabowy pasti bikin teringat langsung dengan kuliner Jepang chicken katsu ataupun chicken crispy fillet saat pertama kali melihatnya, ya gak? Eits, tapi bukan ayam yang menjadikan kotlet schabowy sebagai hidangan khas di polandia, melainkan daging babi.

Proses pembuatannya sebenarnya tak jauh beda sih dengan chicken katsu. Yakni daging babi tenderloin dilapisi oleh remah tepung roti sebelum akhirnya digoreng hingga berwarna coklat keemasan. Oh ya, makanan satu ini tidak hanya menjadi yang terfavorit, tetapi juga dikenal sebagai salah satu kuliner tertua di negara tersebut lho!

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Khas Spanyol Yang Nikmat

4. Pączki
Di manapun negaranya, sepertinya donat akan selalu menjadi salah satu makanan manis yang paling mudah ditemui dan diidolakan. Termasuk halnya juga di Polandia. Di negara tersebut, terdapat donat khas yang lebih familiar dengan sebutan paczki.

Sebenarnya tidak ada perbedaan besar dengan donat pada umumnya, kecuali bahwa paczki selalu memiliki isian di dalamnya mulai keju, coklat, hingga berbagai jenis selai.

5. Placki ziemniaczane
Terakhir, ada pancake khas Polandia yang tentu akan cocok bagi lidah kita, mengingat pancake adalah salah satu makanan yang populer di berbagai belahan dunia.

Yang menjadikan pancake bernama Placki ziemniaczane ini cukup khas di negara tersebut adalah bahannya yang tidak hanya berupa tepung dan telur, tetapi juga ditambah dengan kentang, bawang, dan berbagai jenis sayur-sayuran. Sementara untuk sausnya, sour cream ataupun juga gula halus kerap menjadi pelengkap yang memberikan cita rasa lebih nikmat pada santapan yang paling pas dimakan saat hangat ini.

Rekomendasi Makanan Khas Spanyol Yang Nikmat

Rekomendasi Makanan Khas Spanyol Yang Nikmat

Makananluarnegri.web.id – Spanyol merupakan negara yang terkenal tradisinya dan makanan-makananan khasnya. Tidak hanya orang lokal, turis mancanegara pun dapat menikmati kelezatan makanan Spanyol ini. Ada banyak makanan asli Spanyol yang jadi menu favorit penduduk lokal dan mancanegara. Berikut dibawah ini akan kami bahas mengenai rekomendasi makanan khas spanyol :

1. Churros con Chocolate
Banyak yang tahu dan pernah mencoba jajanan khas satu ini. Terbuat dari adonan tepung yang digoreng, dibalur gula, dan bubuk kayu manis. Adapula saus cokelat sebagai pelengkap membuat churros, membuatnya menjadi salah satu snack terfavorit.

2. Paella
Semacam nasi goreng seafood jika disamakan di Indonesia. Yang berbeda adalah bumbu-bumbu yang digunakan, serta lebih banyaknya lauk pauk yang digunakan.

3. Patatas Bravas
Mirip dengan kentang goreng, tapi bentuknya berbeda. Kentangnya dipotong menjadi seperempat. Dibumbui saos pedas serta mayonais, kentang goreng enak banget disantap bareng lemon tea.

4. Gazpacho
Pernahkan kamu memakan sup tomat yang dingin? Gazpacho merupakan sup tomat yang berbeda dari yang biasanya. Disajikan dalam keadaan dingin, pas dinikmati saat siang karena cuacanya sedang panas.

5. Empenadas
Risoles dan kroket pun akan kalah lezat jika dibandingkan dengan makanan ringan satu ini. Empenadas dibuat dari tumbukan daging sapi dicampur potongan kentang dan berbagai macam bumbu, yang kemudian digoreng hingga matang.

6. Cream Catallina
Sejenis creme brulle, tapi sedikit berbeda dari versi milik Spanyol. Sebegitu enaknya hingga kamu tidak bisa membedakan dari creme crulle yang aslinya. Pas dimakan saat selera makanmu menurun, karena dessert ini sangat menggugah selera.

Baca Juga : Destinasi Wisata Kuliner di Kuala Lumpur

7. Tortilla Española
Terlihat seperti pizza, tapi lebih mirip dengan quiche. Namun, apa jadinya jika quiche dan sejumlah tumbukan kentang digabung? Tortilla Española lah jadinya! Kelembutan adonan dan cita rasa yang bermacam-macam meningkatkan kesedapan makanan ini.

8. Albondigas
Para pencinta meatball harus kudapan ini. Kelezatan Albondigas tak kalah dengan meatballs khas Swedia.

9. Pulpo a la Gallega
Tak hanya di Asia, para masyarakat Spanyol juga menyukai seafood, terutama gurita. Cara memasaknya mudah mudah dan tidak berbau amis. Dilumuri minyak zaitun dan taburan bubuk cabai, serta garam cukup untuk membuat hidangan ini nikmat untuk disantap.

10. Pan Con Tomate
Ini merupakan salah satu hidangan yang simpel. Kita pun bisa membuatnya sendiri. Kamu hanya butuh roti, tomat, dan panggangan. Rasanya gurih seperti pinggiran pizza. Aroma tomat yang khas bikin gak bisa nolak kudapan ini.

Destinasi Wisata Kuliner di Kuala Lumpur

Destinasi Wisata Kuliner di Kuala Lumpur

Makananluarnegri.web.id – Kuliner di Kuala Lumpur berasal dari perpaduan budaya Melayu, Tionghoa, dan India yang memiliki cita rasa khasnya tersendiri. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Kuala Lumpur untuk mencicipi ragam kulinernya yang unik. Kalau kalian memiliki rencana berlibur di Kuala Lumpur dan masih bingung menentukan tujuan wisata kuliner yang ingin dikunjungi, simak beberapa destinasi wisata kuliner di kuala lumpur :

1. Nasi Ayam Hainan Chee Meng, Bukit Bintang
Sedang jalan-jalan di daerah Bukit Bintang? Jangan lupa untuk mengunjungi Nasi Ayam Hainan Chee Meng. Rumah makan ini sangat terkenal di kalangan warga lokal, sehingga tidak perlu diragukan lagi mengenai rasanya.

Bagi kalian yang muslim tidak perlu khawatir, karena Nasi Ayam Hainan Chee Meng sudah mendapat sertifikasi halal. Beberapa menu favorit yang wajib dicoba di sini adalah Nasi Ayam Hainan dan Wonton Mee.

Harga makanan di sini berkisar antara RM10 sampai RM15, yang artinya kalian harus menyiapkan budget sekitar Rp30.000 sampai Rp50.000 untuk makan di Nasi Ayam Hainan Chee Meng.

2. Ikan Bakar Bellamy, Bukit Petaling
Berada di Lorong Bellamy, tempat ini mungkin bisa jadi surganya pecinta seafood. Meskipun judulnya adalah Ikan Bakar Bellamy, tapi ada juga hidangan laut lain yang dijual di sini seperti cumi dan kerang.

Sebelum beranjak ke tempat duduk untuk makan, jangan lupa ambil sambal kecap yang telah disediakan, supaya rasanya lebih nikmat. Harga makanan di sini bervariasi, rata-rata sekitar RM15 yang berarti sekitar Rp50.000, tergantung dari menu yang kalian pilih.

3. Tg’s Nasi Kandar, Bukit Bintang
Kalau ingin mencicipi cita rasa India di Kuala Lumpur, jangan lupa untuk mampir ke Tg’s Nasi Kandar di Jalan Tengkat Tong Shin, No.3, Bukit Bintang. Di sini kalian bisa menikmati beberapa makanan khas India seperti Nasi Briyani, Tandoori, Roti Canai dan Samosa.

Untuk seporsi makan berat, dapat kalian beli dengan harga RM5 sampai RM27 atau sekitar Rp17.000 hingga Rp90.000. Sementara untuk makanan ringan dijual mulai dari RM1 atau sekitar Rp3000 saja.

Baca Juga : Ragam Street Food Korea Terfavorit

4. Jalan Alor, Bukit Bintang
Ini dia surganya pecinta kuliner. Semua jenis makanan mulai dari Chinese Food, makanan India, Melayu, Thailand, hingga Turki, semuanya lengkap tersedia. Begitu sampai di Jalan Alor, jalanan akan terkesan penuh dan ramai, karena ada banyak meja dan kursi yang disediakan di depan deretan kios makanan.

Setelah menikmati makanan berat, jangan langsung pulang karena masih ada banyak jajanan lain yang wajib dicoba seperti cakwe, berbagai olahan durian, buah segar, dan tentunya lok lok (makanan khas Malaysia berupa sate dari sayuran, daging, atau seafood yang diolah dengan cara direbus atau digoreng).

Untuk menikmati makanan disini, kalian hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp17.000 sampai Rp60.000 saja, karena makanan yang dijual di kawasan ini juga terbilang terjangkau, yaitu sekitar RM5 hingga RM20 saja.

5. Portuguese Grilled Fish Special, Chinatown
Pecinta seafood mana suaranya? Di perempatan Jalan Petaling, ada satu tempat makan seafood yang terkenal di kalangan warga lokal dan turis, yaitu Portuguese Grilled Fish Special (Ikan Panggang Portugis Istimewa). Kalau ingin ke sini, pastikan untuk mengunjungi Chinatown di sore hari, karena Portuguese Grilled Fish Special ini hanya buka saat makan malam, yaitu mulai pukul 5 sore.

Harga menu makanan di sini masih bisa dibilang terjangkau yaitu sekitar RM11 sampai RM15, untuk porsi medium yang bisa dimakan 3 sampai 4 orang atau sekitar Rp37.000 sampai Rp50.000.

Ragam Street Food Korea Terfavorit

Ragam Street Food Korea Terfavorit

Makananluarnegri.web.id – Sama seperti di Indonesia, Korea Selatan juga memiliki banyak makanan khas. Yang paling digemari adalah jajanan pinggir jalannya. Buat kamu pecinta kuliner Korea, wajib banget cobain beberapa jajanan paling favoritnya ini. Penasaran apa saja? Cek di bawah ini mengenai street food khas korea terfavorit :

1. Tteokbokki
Tteokbokki atau kue beras dengan tekstur kenyal dan saus merah yang pedas manis. Bahkan di Indonesia sendiri, sudah banyak yang menjual jajanan khas Korea ini. Sudah pernah coba?

2. Odeng
Mungkin di Indonesia, jarang yang menjual jajanan Korea bernama Odeng ini. Odeng merupakan sate daging ikan yang direbus dengan kuah kaldu. Lebih nikmat lagi dinikmati selagi masih panas.

3. Bungeoppang
Kue berbentuk ikan ini cukup cocok di lidah masyarakat Indonesia. Konon, katanya melambangkan keberuntungan.

Anak-anak pun menyukainya karena isinya berupa adonan kacang merah manis. Sekarang, ada bungeoppang yang berisi es krim, jadi makin kekinian, deh!

4. Hweori gamja
Kalau kamu suka olahan kentang, pasti bakal suka hweori gamja. Hweori gamja atau yang berarti kentang tornado. Bentuknya unik, sangat menggugah selera. Kentang tersebut dipotong berbentuk spiral dan ditusuk seperti sate.

5. Gimbab
Jangan salah, Ini bukan sushi lho, tapi gimbab asli Korea. Bentuknya sekilas mirip dengan sushi Jepang, tapi rasanya berbeda.

6. Sundae
Bukan sundae es krim yang sering kita temui di kedai-kedai makanan cepat saji lho. Sundae asal Korea ini bentuknya seperti sosis yang disajikan dengan cara dipotong-potong.

Jajanan yang satu ini terbuat dari usus sapi atau babi yang berisi mie, darah babi, barley, scallion, dan dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya.

7. Twigim
Kalau Indonesia punya jajanan pinggir jalan gorengan, Korea juga punya gorengan, kok. Bedanya, gorengan ala Korea ini sangat sederhana, hanya sekadar dibalurkan ke tepung, lalu digoreng begitu saja.

Terdiri dari telur, ubi, udang, cumi-cumi, bakso, paprika, hingga sayuran. Biasanya orang Korea memakan twigim dengan kecap asin atau dengan saus tteokbokki.

Baca Juga : Mie Instan Asal Luar Negeri Yang Harus Dicoba

8. Dakkochi
Bukan cuma Indonesia saja yang punya sate ayam, ternyata Korea juga punya. Kalau sate ayam Indonesia dibumbui saus kacang, di Korea dibaluri dengan bumbu saus manis dan saus pedas.

9. Bbopki
Berbeda dengan permen yang biasanya kecil-kecil, permen favorit Korea ini berbentuk bulat tipis yang cukup besar. Permen ini terbuat dari larutan gula dengan baking soda agar mengembang. Bentuk bbopki ini mirip dengan gulali, bedanya permen ini tak dibentuk aneh-aneh.

10. Tteokkebi hot dog
Pernah makan corn dog? Kalau pernah, jajanan satu ini hampir mirip corn dog. Bedanya, adonan tteokkebi hot dog tidak dilapisi tepung roti, melainkan potongan-potongan kentang goreng, kemudian digoreng lagi secara bersamaan.

11. Hotteok
Jajanan yang satu ini sejenis pancake, tapi yang ini digoreng. Isinya kacang tanah, biji wijen, dan madu. Ada pula yang mengisinya dengan sayuran.

12. Kkultarae
Kkultarae terbuat dari madu yang dikeraskan, kemudian dicampur dengan tepung dan dibuat seperti benang. Selanjutnya diisi dengan potongan kacang.

13. Gyeran bbang
Sesuai namanya, jajanan ini berbahan utama roti dan telur. Makin lezat ketika diberi topping ekstrak vanila, garam, gula, dan lelehan mozzarella.

14. Jipangi ice cream
Yang ini pasti sudah sangat familiar, ya kan? Bentuknya unik dan beda dari yang lain membuatnya digemari banyak orang. Roti cone-nya terbuat dari jagung dan berbentuk pipa menyerupai huruf V, J, dan U. Ada pula yang berbentuk melingkar-lingkar.

15. Gurita dan cumi-cumi kering
Salah satu camilan favoritnya orang Korea, nih. Biasanya potongan gurita dan cumi-cuma yang sudah dikeringkan ini telah terbagi rata di gelas kertas. Sebelum disajikan ke pelanggan, jajanan ini dipanaskan dan diberi sedikit mentega.